Elkan Baggott Tak Sendiri, 3 Pemain Ini Sudah Dilupakan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Padahal Gancor di Klub
Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott resmi berseragam klub League One Inggris, Blackpool dengan status pinjaman semusim dari Ipswich Town. [Dok. Blackpool]
13:00
17 Agustus 2024

Elkan Baggott Tak Sendiri, 3 Pemain Ini Sudah Dilupakan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Padahal Gancor di Klub

Perubahan drastis dalam skuad Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong terus menjadi sorotan publik setelah memutuskan tidak akan panggil Elkan baggott untuk ronde 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 September besok.

Setelah sempat mengandalkan sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri, pelatih asal Korea Selatan ini kini lebih sering melakukan rotasi dan memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda.

Lantas, siapa saja para legioner yang kini mulai kehilangan tempat di skuad Garuda?

Tercatat, paling tidak ada 3 nama pemain Indonesia yang sebelumnya menjadi andalan Shin Tae-yong namun kini jarang mendapat panggilan.

Baca Juga: Drama Maarten Paes Bela Timnas Bikin Geregetan Bek Keturunan Penghancur Man United

Hal ini tentu mengejutkan para penggemar sepak bola Tanah Air, mengingat pengalaman dan kualitas yang dimiliki oleh para pemain tersebut.

Beberapa faktor seperti performa yang menurun, cedera, hingga kehadiran pemain-pemain baru yang lebih menjanjikan menjadi penyebab utama.

Saddil Ramdani Saat Berseragam Sabah FC. (instagram.com/saddilramdanii)Saddil Ramdani Saat Berseragam Sabah FC. (instagram.com/saddilramdanii)

Saddil Ramdani, winger lincah milik Sabah FC, menjadi salah satu nama yang paling disayangkan absen dari skuad Garuda.

Setelah tampil impresif di beberapa pertandingan sebelumnya, pemain asal Sulawesi ini justru dicoret dari daftar pemain yang akan berlaga di Piala Asia 2023.

Meski telah menunjukkan performa yang konsisten bersama klubnya, Saddil tampaknya belum mampu meyakinkan Shin Tae-yong untuk kembali dipanggil.

Baca Juga: Jawaban Dingin Shin Tae-yong Tanggapi Nasib Stefano Lilipaly di Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh yang menjajal kompetisi kasta tertinggi Negeri Gajah Putih, Thailand (Instagram Ronaldo Kwateh)Ronaldo Kwateh yang menjajal kompetisi kasta tertinggi Negeri Gajah Putih, Thailand (Instagram Ronaldo Kwateh)

Nasib serupa juga dialami oleh Ronaldo Kwateh. Pemain muda berbakat ini sempat menjadi idola baru bagi para pendukung Timnas Indonesia.

Namun, cedera yang dialaminya ditambah dengan persaingan yang semakin ketat di lini depan membuat peluangnya untuk kembali memperkuat timnas menjadi sangat kecil.

Kwateh harus bekerja ekstra keras untuk bisa mendapatkan kembali kepercayaan dari sang pelatih.

Nurhidayat Haji Harris, bek tengah yang pernah menjadi kapten Timnas Indonesia U-19, juga mengalami nasib yang kurang baik.

Setelah melakukan debut bersama timnas senior, pemain yang kini berkarier di Filipina ini justru dicoret karena masalah indispliner.

Kesalahan fatal tersebut membuatnya kehilangan tempat di skuad Garuda.

Keputusan Shin Tae-yong untuk tidak memanggil kembali para pemain di atas tentu memiliki alasan yang kuat.

Pelatih asal Korea Selatan ini ingin membangun timnas yang solid dan kompetitif.

Dengan melakukan rotasi pemain secara berkala, Shin Tae-yong berharap dapat menemukan formasi terbaik dan memaksimalkan potensi seluruh pemain yang ada.

Meski begitu, para penggemar sepak bola Tanah Air tetap berharap agar para legioner tersebut dapat segera kembali ke skuad Garuda.

Pengalaman dan kualitas yang mereka miliki tentu sangat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia dalam menghadapi berbagai kompetisi di masa depan.

Lantas, akankah para pemain ini mampu bangkit dan kembali bersinar bersama Timnas Indonesia? Hanya waktu yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #elkan #baggott #sendiri #pemain #sudah #dilupakan #shin #yong #untuk #timnas #indonesia #padahal #gancor #klub

KOMENTAR