Kekhawatiran Fans Timnas Indonesia Kian Nyata! Penyerang Keturunan Ini Tak Dibawa Indra Sjafri TC ke Korea
Pemain keturunan berdarah Indonesia, Mauresmo Hinoke saat berlatih bersama skuad Timnas Indonesia U-20. [Dok. Instagram/@mauresmoo]
08:42
13 Agustus 2024

Kekhawatiran Fans Timnas Indonesia Kian Nyata! Penyerang Keturunan Ini Tak Dibawa Indra Sjafri TC ke Korea

Kekhawatiran pecinta sepak bola Indonesia kian nyata setelah pelatih Indra Sjafri mengumumkan daftar pemain yang dipanggil untuk TC Timnas Indonesia U-20 di Korea Selatan.

Dalam daftar yang diumumkan melalui laman resmi PSSI, Selasa (13/8/2024) dini hari WIB, tidak ada satupun nama pemain keturunan yang dipanggil.

Jens Raven dan Welber Jardim yang merupakan pilar andalan tim Merah Putih saat menjuarai Piala AFF U-19 2024 di Surabaya pada Juli lalu juga tak ikut serta.

Namun, yang paling menarik perhatian adalah perihal pemain keturunan lain yakni Tim Geypens, Dion Marxk dan Mauresmo Hinoke yang juga tak ada dalam daftar.

Baca Juga: Mauresmo Hinoke: Terima Kasih Tuhan

Padahal, Indra Sjafri sempat mengisyaratkan pihaknya bakal berusaha setidaknya membawa dua dari tiga calon pemain naturalisasi itu ikut TC di Korea Selatan.

Namun dari 32 pemain yang dipanggil, nama mereka tak terpampang. Pemain yang paling disorot jelas Mauresmo Hinoke.

Pasalnya, penyerang yang baru saja menjalani debut bersama tim senior FC Dordrecht di Eerste Divisie 2024/2025 pada Sabtu (10/8/2024) lalu itu dikabarkan tak memenuhi syarat untuk dinaturalisasi.

Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, Jens Raven dan Fardy Bachdim kumpul di Belanda. (Instagram/@fardybachdim)Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, Jens Raven dan Fardy Bachdim kumpul di Belanda. (Instagram/@fardybachdim)

Hinoke, disebut pengamat sepak bola Binder Singh alias Bung Binder, tidak memenuhi syarat karena garis keturunannya yang sudah terlalu jauh.

Pemain yang bisa tampil di pos winger dan striker ini disebut punya darah Indonesia dari buyutnya, bukan dari kakek atau neneknya.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Ole Romeny yang Cetak Gol Kemenangan FC Utrecht: Punya Darah Medan

Artinya, garis keturunan Indonesia Hinoke berasal dari generasi ketiga. Padahal, dalam aturan FIFA, garis keturunan paling jauh dari seorang pemain maksimal berasal dari kakek atau nenek.

Tidak adanya nama Hinoke dalam daftar 32 pemain Timnas Indonesia U-20 untuk TC ke Korea Selatan, bisa menjadi spekulasi bahwa peluang sang pemain untuk dinaturalisasi kian kecil atau bahkan tertutup.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kekhawatiran #fans #timnas #indonesia #kian #nyata #penyerang #keturunan #dibawa #indra #sjafri #korea

KOMENTAR