Captain Fantastic! Bikin Gol di Piala Asia, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB. [K JAAFAR / AFP]
00:42
20 Januari 2024

Captain Fantastic! Bikin Gol di Piala Asia, Asnawi Mangkualam Cetak Sejarah Bersama Timnas Indonesia

Sepakan penalti dari Asnawi Mangkualam membawa Timnas Indonesia sementara unggul 1-0 atas Vietnam pada laga matchday 2 Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Bermula pada menit ke-40, pergerakan Timnas Indonesia, Rafael Struick di dalam kotak penalti dilanggar oleh pemain Vietnam.

Wing-back andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam pun maju menjadi algojo penalti, dan mengarahkan bola ke sisi kanan kiper Filip Nguyen untuk membawa Garuda sementara unggul 1-0 dalam laga penting ini.

Tinta emas pun ditorehkan Asnawi Mangkualam bersama Timnas Indonesia di pesta sepak bola akbar Piala Asia.

Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB. [KARIM JAAFAR / AFP]

Pemain berusia 24 tahun itu mencatatkan rekor sebagai kapten Timnas Indonesia yang berhasil mencetak gol di satu edisi Piala Asia.

Sebelumnya pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007, nama-nama macam Sudirman, Aji Santoso, Agung Setyabudi, hingga Ponaryo Astaman yang jadi skipper Timnas Indonesia tidak mencetak gol di turnamen yang mereka ikuti sebagai kapten utama Garuda.

Ponaryo Astaman mencetak gol pada edisi 2004, namun gelandang legendaris ini baru jadi kapten Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007.

Asnawi Mangkualam sendiri kini jadi salah pemain dengan caps terbanyak di skuad Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023. Ia telah mengantongi 38 caps dan 2 gol.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #captain #fantastic #bikin #piala #asia #asnawi #mangkualam #cetak #sejarah #bersama #timnas #indonesia

KOMENTAR