Pernah Bantai Timnas Indonesia 10-0, Negara Ini Justru Was-was Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia punya bayang-bayang kelam lawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Kolase Instagram/@bahrainnt dan Dok. PSSI)
16:12
8 Agustus 2024

Pernah Bantai Timnas Indonesia 10-0, Negara Ini Justru Was-was Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia akan bertemu Bahrain di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga ini menyisakan kenangan kelam bagi skuad Garuda.

Dalam rekor pertemuan, timnas Indonesia sudah pernah melawan Bahrain tujuh pertandingan. Hasilnya skuad Garuda meraih dua kemenangan, dua hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Akan tetapi, ada momen di mana tim Merah Putih kalah telah dengan skor 0-10 atas Bahrain. Ini terjadi pada 29 Februarii 2012 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Kala itu, timnas Indonesia hancur karena kiper Syamsidar diganjar kartu merah ketika pertandingan baru berjalan tiga menit.

Baca Juga: Kisah Pelatih Striker Timnas Indonesia Berduel dengan Lionel Messi di Piala Dunia 2010

Menariknya Bahrain juga mendapatkan empat penalti. Beruntung kiper pengganti Andi Muhammad Guntur berhasil menyelamatkan dua tendangan 12 pas tersebut.

Sayangnya kekuatan Bahrain saat itu tidak bisa dibendung oleh skuad Garuda. Anak asuh Aji Santoso menelan kekalahan telak dan memalukan.

Kini 12 tahun berselang, timnas Indonesia segera melawan Bahrain lagi dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad asuhan Shin Tae-yong dibayang-bayangi rekor buruk.

Walau begitu, pihak Bahrain sendiri menyebut timnas Indonesia bisa saja menjadi kuda hitam karena kini sudah berkembang pesat di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Nyatanya skuad Garuda telah menambahkan banyak pemain naturalisasi untuk memperkuat tim. Hasilnya terbukti bahwa tim Merah Putih bisa melaju jauh dan menjadi satu-satunya tim ASEAN yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Netizen Sindir Ronaldo Kwateh Gabung ke Muangthong United: Tetap Semangat Walaupun Hanya Sekadar Dimanfaatkan Doang

"Di round ini semua pertandingan akan berlangsung pada level tertinggi dan kita juga harus mendapat performa terbaik dari semua tim yang ada," ucap Samir Chaman yang merupakan eks pelatih Bahrain U-23 dikutip dari BFA TV.

Adapun dua pertandingan timnas Indonesia vs Bahrain di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini dijadwalkan pada 10 Oktober 2024 dan 25 Maret 2025.

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pernah #bantai #timnas #indonesia #negara #justru #jelang #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR