Ada Mantan Anak Kesayangan Shin Tae-yong, 3 Pemain Keturunan Indonesia Merumput dengan Klub Liga Inggris Musim Depan
Jeong Seok-seo atau Jeje buka suara soal polemik STY dan Elkan Baggott. (Kolasse Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha dan Dok. PSSI)
08:00
31 Juli 2024

Ada Mantan Anak Kesayangan Shin Tae-yong, 3 Pemain Keturunan Indonesia Merumput dengan Klub Liga Inggris Musim Depan

Indonesia akan menjadi salah satu penyumbang pemain di Premier League musim 2024/2025. Di antara mereka ada penggawa Timnas Indonesia hingga mantan anak kesayangan Shin Tae-yong.

Dua pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Justin Hubner (Wolverhampton), bermain untuk klub Premier League karena memenuhi syarat sebagai pemain homegrown.

Jika Hubner bermain untuk Wolves atau Baggott mendapat menit bermain di Ipswich dalam laga Premier League, mereka akan menjadi pemain Indonesia pertama di Premier League.

Selain Hubner dan Baggott, ada dua pemain berdarah Indonesia yang juga tergabung di klub Premier League, meskipun bukan WNI.

Baca Juga: Jadi Pahlawan Tim, 3 Bintang Timnas Indonesia U-19 Sudah Main Bareng Sejak Usianya di Bawah 10 Tahun

Siapa saja pemain berdarah Indonesia yang akan mewarnai Premier League 2024/2025?

1. Massimo Luongo

Gelandang Palestina Shadi Shaban (kiri) berebut bola dengan gelandang timnas Australia Massimo Luongo selama pertandingan Grup B Piala Asia 2019 antara Palestina vs Australia di Stadion Maktoum Bin Rashid Al-Maktoum di Dubai pada 11 Januari 2019.Karim Sahib / AFP.Gelandang Palestina Shadi Shaban (kiri) berebut bola dengan gelandang timnas Australia Massimo Luongo selama pertandingan Grup B Piala Asia 2019 antara Palestina vs Australia di Stadion Maktoum Bin Rashid Al-Maktoum di Dubai pada 11 Januari 2019.Karim Sahib / AFP.

Massimo Luongo memiliki darah Indonesia dari ibunya, Ira Luongo, yang merupakan putri Sultan Bima dan Dompu, AA Sirajudin.

Lahir dan besar di Australia, Luongo memiliki karier yang cukup baik bersama Timnas Australia dengan 43 caps dan enam gol pada usia 31 tahun.

2. Ian Maatsen

Baca Juga: Gelar AFF U-19 2024: Perpanjang Rekor Kemenangan di Final bagi Indra Sjafri

Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang gagal debut di Euro 2024. (Instagram/@maatsen_)Pemain keturunan Indonesia, Ian Maatsen yang gagal debut di Euro 2024. (Instagram/@maatsen_)

Ian Maatsen tidak memiliki darah Indonesia langsung, tetapi memiliki darah Jawa-Suriname dari leluhurnya. Ia memilih membela Timnas Belanda di berbagai level.

Pada musim 2023/2024, Maatsen bermain untuk Chelsea dan dipinjamkan ke Dortmund.

Pada awal musim 2024/2025, Aston Villa membelinya seharga €44.5 juta.

3. Elkan Baggott

Elkan Baggott Saat Berseragam Ipswich Town. (instagram.com/elkanbaggott)Elkan Baggott Saat Berseragam Ipswich Town. (instagram.com/elkanbaggott)

Baggott bermain untuk Timnas Indonesia sebagai WNI, bukan pemain naturalisasi.

Dia telah mencatat 22 caps bersama Timnas, tetapi pada Juni 2024, Shin Tae-yong tidak memanggilnya.

4. Justin Hubner

Justin Hubner dinilai gagal saat berlaga di Jepang. [Soha.vn]Justin Hubner dinilai gagal saat berlaga di Jepang. [Soha.vn]

Peminjaman Justin Hubner ke Cerezo Osaka gagal, dengan minim menit bermain.

Dia kembali ke Wolves dan terdaftar di situs resmi Premier League, tetapi kemungkinan besar akan lebih sering bermain di tim U-21.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #mantan #anak #kesayangan #shin #yong #pemain #keturunan #indonesia #merumput #dengan #klub #liga #inggris #musim #depan

KOMENTAR