Gemilang di Piala AFF U-19, Jens Raven Malu-malu Ngaku Siap Dipanggil Shin Tae-yong
Jens Raven, bintang muda Timnas Indonesia U-19 (Antara)
12:18
30 Juli 2024

Gemilang di Piala AFF U-19, Jens Raven Malu-malu Ngaku Siap Dipanggil Shin Tae-yong

Setelah tampil gemilang di Piala AFF U-19 2024, apakah Jens Raven segera dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia senior?

Pertanyaan ini muncul setelah striker muda berbakat tersebut berhasil mencetak empat gol dan tiga assist dalam upaya membantu Garuda Nusantara juara Piala AFF U-19 2024.

Satu golnya bahkan sangat penting, yakni dicetak di laga final kontra Thailand yang membuat Timnas Indonesia U-19 menang tipis 1-0 pada Senin (29/7/2024).

Dalam pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jens Raven membawa Timnas Indonesia U-19 unggul saat laga berjalan 17 menit.

Baca Juga: Jadi Spesialisasi Final Hingga Sering Juara, Indra Sjrafri Punya Win Rate Ajaib di Timnas Indonesia

Dalam wawancara setelah pertandingan final, Jens Raven menyatakan kesiapannya untuk membela Timnas Indonesia senior jika diberikan kesempatan.

Meski demikian, dia menyampaikannya dengan malu-malu lantaran menegaskan fokus utamanya adalah membantu Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Klub Belanda Bangga Lihat Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024: Jens Raven Pahlawan! [Instagram @jensraven9]Klub Belanda Bangga Lihat Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024: Jens Raven Pahlawan! [Instagram @jensraven9]

"Seperti saya bilang sebelumnya, saya ingin berjalan selangkah demi selangkah. Saya sangat senang karena saya merasa saya ada di posisi yang tepat saat ini, dengan tim U-19 dan U-20," kata Raven dalam jumpa pers pasca pertandingan, Senin (29/7/2024).

"Saya pikir kami masih punya beberapa target yang ingin dicapai bersama tim U-20, jadi saya ingin fokus pada apa yang ada di sini."

"Namun, jika saya mendapat kesempatan untuk tampil di tim senior atau U-23, itu akan jadi kehormatan yang luar biasa," tambahnya.

Baca Juga: Ramai Penolakan, Inilah 3 Striker Keturunan yang Bisa Gantikan Ole Romeny

Jens Raven merupakan striker keturunan yang baru dinaturalisasi pada April lalu. Sebelum Piala AFF U-19 2024, dia sudah berseragam Garuda Nusantara di Toulon Cup 2024.

Namun, performa Jens Raven baru terpancar saat membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024.

Kemunculan Jens Raven datang hampir berbarengan dengan kebutuhan Shin Tae-yong perihal striker tajam untuk Timnas Indonesia di level senior.

Garuda memang sudah memiliki Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick, tetapi Shin Tae-yong sempat mengisyaratkan belum puas dengan performa keduanya yang tak cukup tajam saat membantu Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Situasi itu membuat peluang Jens Raven promosi ke tim nasional senior cukup terbuka. Apalagi, pelatih Indra Sjafri pun secara tak langsung memberi dukungan.

"Saya lebih baik buah itu matang di pohonnya. Jadi dia berprogress," kata Indra Sjafri soal andai pemain U-19 dipanggil ke tim nasional senior.

"Tapi kalau misalnya ada yang istimewa, kan tim nasional itu kan cuma satu, senior. Saya, coach Nova (pelatih U-16), itu kan menyiapkan generasi. Mungkin nanti ada diantara mereka yang ingin dicoba di senior, ya bagus," tambah Indra Sjafri.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #gemilang #piala #jens #raven #malu #malu #ngaku #siap #dipanggil #shin #yong

KOMENTAR