Bung Towel Wajib Baca! Jejak Shin Tae-yong Dongkrak Ranking FIFA Timnas Indonesia: Melesat Puluhan Peringkat
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)
14:06
19 Juli 2024

Bung Towel Wajib Baca! Jejak Shin Tae-yong Dongkrak Ranking FIFA Timnas Indonesia: Melesat Puluhan Peringkat

Timnas Indonesia naik ke posisi 133 dalam ranking FIFA edisi Juli 2024, meningkat signifikan sejak Shin Tae-yong pertama datang pada 2020.

Pada Juni 2024, Indonesia bermain melawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka kalah 0-2 dari Irak, tapi menang 2-0 melawan Filipina.

Hasil ini membuat Indonesia naik satu peringkat dibanding edisi April 2024.  PSSI menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia pada awal 2020. Sebelumnya, ia melatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 dan memiliki reputasi yang baik.

Pada Februari 2020, Indonesia berada di peringkat ke-173 FIFA, namun pandemi Covid-19 menghalangi perbaikan peringkat karena tidak ada laga internasional.

Baca Juga: PSSI Cari Pelatih Terbaik untuk Berangkat ke Piala Dunia, Ada Apa dengan Shin Tae-yong?

Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)

Shin Tae-yong memulai debutnya sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Mei 2021 dalam laga uji coba melawan Oman, yang berakhir dengan kekalahan 1-3.

Perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia tidak selalu mulus dan belum menghasilkan trofi mayor.

Namun, ada indikator positif seperti peningkatan signifikan di ranking FIFA. Pada Juli 2024, Indonesia berada di peringkat 133, naik 40 tingkat dari posisi 173 saat Shin Tae-yong pertama kali datang.

Indonesia kini berada di peringkat ketiga di antara negara-negara ASEAN, di bawah Thailand dan Vietnam.

Peningkatan ranking FIFA Timnas Indonesia bukan hanya hasil kerja Shin Tae-yong, tapi juga berkat para pemain dan program positif PSSI.

Baca Juga: Selain Justin Hubner, Ini Barisan Pemain Timnas Indonesia yang Kariernya Nelangsa di Liga Jepang

Di era Mochamad Iriawan, PSSI rutin menggelar FIFA Matchday melawan tim-tim dengan ranking lebih tinggi, memberikan peluang tambahan poin bagi Indonesia.

Program naturalisasi pemain juga membuat Timnas lebih kompetitif, dan Indonesia kini mulai bersiap untuk bersaing di level Asia.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (pssi.org)

Menilik dari catatan Timnas Indonesia seperti dikutip dari data Transfermarkt, Shin Tae-yong persembahkan 24 kali kemenangan, 10 hasil imbang dan hanya kalah 13 kali.

Selama diasuh STY, Timnas Indonesia juga mencetak 96 gol dan hanya kebobolan 61 kali. Sejak melatih dari 2021, dua kali STY antarkan Timnas Indonesia meraih kemenangan 7-0, pertama saat melawan Nepal pada 14 Juni 2022 dan kedua saat hadapi Brunei pada 26 Desember 2022.

Sementara di level Tim U-23, STY torehkan kemenangan 11 kali dan 10 kali kalah tanpa pernah meraih hasil imbang. Dari 21 pertandingan, tim U-23 mencetak 57 gol dan kebobolan 42 kali.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #bung #towel #wajib #baca #jejak #shin #yong #dongkrak #ranking #fifa #timnas #indonesia #melesat #puluhan #peringkat

KOMENTAR