Media Luar Ungkap Borok Sederet Pemain Indonesia Gagal Total di Liga Jepang
Justin Hubner dinilai gagal saat berlaga di Jepang. [Soha.vn]
13:42
19 Juli 2024

Media Luar Ungkap Borok Sederet Pemain Indonesia Gagal Total di Liga Jepang

Wolverhampton Wanderers resmi menarik kembali Justin Hubner dari Cerezo Osaka dalam masa peminjaman.

Rumor pulangnya Hubner memang telah santer terdengar sejak beberapa hari lalu. Wolves sudah memberikan tanda-tanda akan menarik pemainnya, menyusul minimnya menit bermain yang diberikan Cerezo Osaka.

Pesepak bola kelahiran 2003 itu kerap diturunkan saat menit-menit terakhir saja. Ia hanya memainkan delapan pertandingan, dan enam di antaranya menjadi pengganti.

Tentu sebuah fakta yang membuat publik merasa kecewa, mengingat jam terbang menjadi salah satu alasan kuat untuk menjaga maupun meningkatkan kualitas pemain.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Tak Perlu Terlalu Bereuforia, Filipina Bukanlah Kelasnya Indonesia

Media Vietnam Soha.vn, bahkan membongkar borok banyak pemain Indonesia yang dianggap gagal saat ke Jepang.

Selain Justin Hubner, ada 4 pemain Indonesia lainnya yang berangkat ke Jepang namun semuanya dianggap gagal.

Pemain pertama yang disebutkan adalah Ricky Yacobi yang bermain untuk Matsushita FC di Kejuaraan Nasional Jepang sejak musim 1988-1989.

Namun perjalanan Ricky ke luar negeri tidak terlalu mulus dan penyerang asal Indonesia itu saat itu hanya mampu melakoni 6 pertandingan di Negeri Matahari Terbit.

Pemain selanjutnya adalah Irfan Bachdim. Ia menjadi pemain kedua sepak bola Indonesia yang berangkat ke Jepang, bermain untuk Ventforet Kofu sejak 2014 dan kemudian Consadole Sapporo pada 2015-2016.

Baca Juga: Lha Kok Ngamuk! Gagal Kalahkan Myanmar, Suporter Vietnam Hina Timnas Indonesia

"Selama kurang lebih 3 tahun di Jepang, Bachdim hanya memainkan total 12 pertandingan, termasuk 2 pertandingan di Ventforet Kofu dan 10 pertandingan sisanya untuk Consadole Sapporo," tulis media tersebut uang yang dilansir , Jumat (19/7/2024).

Rekan setim Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, juga pindah ke Consadole Sapporo pada tahun 2014. Namun, sekitar satu musim bersama Rising Sun Club, striker ini hanya menjadi starter 1 pertandingan di J.League sebelum memutuskan berencana kembali ke Indonesia , bergabung dengan Persija Jakarta.

Pemain Indonesia kelima yang berangkat ke Jepang adalah full-back Pratama Arhan. Ia bergabung dengan Tokyo Verdy mulai Maret 2022 namun hanya memainkan 4 pertandingan dalam 2 musim.

Setelah itu, pemain asal Indonesia tersebut memutuskan meninggalkan Tokyo Verdy untuk pindah ke Suwon FC di K.League (Korea).

"Yang jelas, prestasi pemain Indonesia sebelum Justin Hubner yang bermain di Jepang tidaklah mulus. Mungkin tidak salah jika dikatakan Kejurnas Jepang bukanlah ajang persahabatan bagi pemain Indonesia," tambahnya.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #media #luar #ungkap #borok #sederet #pemain #indonesia #gagal #total #liga #jepang

KOMENTAR