Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol, Iqbal Gwijangge Dapat Pujian Setinggi Langit dari Media Asing
Pemain Timnas Indonesia U-20, Iqbal Gwijangge. (pssi.org)
13:36
18 Juli 2024

Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol, Iqbal Gwijangge Dapat Pujian Setinggi Langit dari Media Asing

Kemenangan telak Timnas Indonesia U-19 atas Filipina 6-0 di match perdana grup A Piala AFF U-19 2024 jadi sorotan media Vietnam.

Salah satu media Vietnam Bongda dalam ulasannya menyebut kemenangan meyakinkan Timnas Indonesia U-19 bisa jadi mimpi buruk bagi skuat tim nasional mereka.

"Hasil Indonesia U-19 6-0 Filipina U-19: Mimpi buruk Vietnam bersinar," ulas media Vietnam itu seperti dilansir, Rabu (18/7/2024).

Dalam ulasannya, media Vietnam itu kemudian menyoroti perfomance Iqbal Gwijangge yang mencetak brace alias dua gol ke gawang Filipina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Trafik Piala AFF U-19, XL Axiata Tambah Kapasitas Jaringan 2 Kali Lipat!

Menurut media Vietnam itu, sosok Iqbal ialah mimpi buruk bagi Vietnam dua tahun lalu.

Timnas Indonesia (Antara)Timnas Indonesia (Antara)

"Bicara soal Iqbal Gwijangge, dia adalah pemain yang tidak bisa dilupakan oleh Cong Phuong, Long Vu, Dinh Hai, Trong Tuan, Quang Kiet di skuad Vietnam U-19, dua tahun lalu. Pemain itu membawa Indonesia ke final,"

"Iqbal Gwijangge menjadi pemain terbaik di turnamen itu. Sebagai bek tengah, Iqbal memiliki penampilan yang konsisten dan pergerakan yang natural," ungkap Bongda.

Iqbal Gwijangge mencetak dua gol atau brace di babak pertama pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Filipina pada grup A Piala AFF U-19 2024, Rabu (17/7/2024) malam di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur.

Gol pertama Iqbal dicetaknya lewat sundulan. Gol ini berawal dari pergerakan Mufli yang mengelabui pemain Filipina. Umpan crossing Mufli disambar Iqbal Gwijangge dengan sundulan.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Baru Hari Pertama Gelaran, Hujan Belasan Gol Sudah Terjadi di Gelora Bung Tomo

Sementara gol keduanya dicetak pada menit ke-42. Gol ini karena penempatan posisi Iqbal yang tepat. Iqbal menyambar bola di mulut gawang hasil sundulan Buffon dari skema umpan silang dari sisi kiri lapangan.

Muhammad Iqbal Gwijangge lahir pada 29 Agustus 2006 di Sumedang, Jawa Barat. Ia memulai karier sepak bola dengan bermain di sejumlah klub kota Bandung.

Pada 2021, pemain yang berposisi sebagai bek ini bergabung di tim muda Bhayangkara FC. Selanjutnya ia mendapat kontrak profesional di klub BRI Liga 1 Barito Putera.

Iqbal merupakan bagian dri skuat Timnas Indonesia U-16 yang meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022. Tak main-main, Iqbal saat itu menyandang ban kapten.

Penampilan impresif Iqbal membuatnya membantu Timnas Indonesia U-16 di 3 dari 5 pertandingan tidak kebobolan alias clean sheet.

Tak mengherankan jika Iqbal kemudian mendapat gelar pemain terbaik Piala AFF U-16 2022. Selang kompetisi AFF U-16, pada 2023, Iqbal masuk ke Timnas Indonesia U-17 yang diproyeksi untuk Piala Dunia U-17.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #timnas #indonesia #pesta #iqbal #gwijangge #dapat #pujian #setinggi #langit #dari #media #asing

KOMENTAR