Mundur dari Malaysia, Kim Pan-gon Tak 'Berjodoh' Duel Lawan Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong
Kim Pan-gon tak pernah bertemu Shin Tae-yong dan timnas Indonesia saat pimpin Malaysia. (Kolase PSSI dan nst.com.my)
16:54
16 Juli 2024

Mundur dari Malaysia, Kim Pan-gon Tak 'Berjodoh' Duel Lawan Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong

Kim Pan-gon dipastikan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Malaysia, Selasa (16/7/2024). Artinya ia sama sekali belum merasakan duel dengan rekan senegaranya Shin Tae-yong yang menangani timnas Indonesia.

Timnas Indonesia dan Malaysia merupakan rival tetangga. Keduanya sering bertemu di ajang Piala AFF.

Akan tetapi, di bawah asuhan Kim Pang-gon, Harimau Malaya justru tak pernah bersua skuad Garuda. Padahal peluangnya sangat besar terjadi di Piala AFF.

Pertemuan timnas Indonesia vs Malaysia terjadi di Piala AFF 2020 silam. Kala itu, skuad Garuda sukses menang 4-1 lawan Harimau Malaya yang diasuh Tan Cheng Hoe.

Baca Juga: Tinggalkan Timnas Malaysia, Gaji Kim Pan-gon Ternyata Tak Sampai 1/4 Upah Shin Tae-yong

PSSI dan FAM juga sempat ingin mengadakan laga uji coba antara timnas Indonesia vs Malaysia. Namun, hal itu belum terealisasi.

Kini Kim Pan-gon terlanjur memutuskan mundur dari jabatannya. Artinya ia tidak berjodoh melawan kompatriotnya Shin Tae-yong serta timnas Indonesia.

FAM menyebut Kim Pan-gon memutuskan mundur karena komitmen pribadi. Jabatan pelatih kepala timnas Malaysia pun untuk sementara akan diisi asisten pelatih Pau Marti Vicente.

“Untuk diketahui semua, Pan Gon telah bertemu dengan manajemen FAM untuk menyampaikan keinginannya memperpendek durasi kontraknya," kata Wakil Presiden FAM, Datuk Wira Mohd Yusoff Haji Mahadi.

Sementara itu, Kim Pan-gon ditunjuk melatih Malaysia sejak 21 Januari 2022. Catatan statistiknya ketika menjabat sebagai nahkoda Harimau Malaya yaitu memimpin 35 pertandingan dengan meraih 20 kemenangan, 5 imbang, dan 10 kali kalah.

Baca Juga: Pemain Abroad Timnas Indonesia Diminta Pintar Pilih Klub di Luar Negeri: Jangan Cuma Keren-kerenan, tapi Tidak Main

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mundur #dari #malaysia #berjodoh #duel #lawan #timnas #indonesia #shin #yong

KOMENTAR