Sosok yang Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 Sejauh Ini Bukan Nova Arianto atau Indra Sjafri
Nova Arianto (kiri) dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan). (Instagram/novaarianto30)
18:18
12 Juli 2024

Sosok yang Pimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 Sejauh Ini Bukan Nova Arianto atau Indra Sjafri

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji menegaskan bahwa sejauh ini belum ada perubahan kursi pelatih saat skuad Garuda tampil di Piala AFF 2024. Shin Tae-yong disebut masih jadi sosok yang menukangi tim di event tersebut.

Sebelumnya muncul isu bahwa PSSI akan memberikan tampuk pelatih kepala Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 ke sosok lain, agar Shin Tae-yong fokus mempersiapkan Garuda di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dua event itu memang akan bergulir hampir berbarengan pada November mendatang. Matchday kelima dan keenam putaran ketiga akan berlangsung pada 14 dan 19 November 2024, sementara Piala AFF 2024 akan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember mendatang.

Artinya, Timnas Indonesia hanya punya waktu kurang dari sepekan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk Piala AFF 2024 pasca tampil dalam dua laga putaran ketiga.

Baca Juga: Media Vietnam Resah, Bertanya-tanya Kenapa Indonesia Dianugrahi Banyak Pemain Keturunan

Meski demikian, manajer Timnas Indonesia Sumardji menegaskan sejauh ini belum ada pembicaraan perihal penunjukkan pelatih di luar Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2024.

Kepala Badan Tim Nasional (BTN) Indonesia Kombes Sumardji saat diwawancarai pewarta di Lapangan A komplek Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/7/2023) (ANTARA/FAJAR SATRIYO)Kepala Badan Tim Nasional (BTN) Indonesia Kombes Sumardji saat diwawancarai pewarta di Lapangan A komplek Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/7/2023) (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

"Tidak ada tuh," kata Sumardji saat dihubungi , Jumat (12/7/2024).

Sumardji pun menjelaskan bahwa Shin Tae-yong kemungkinan akan tetap memimpin Timnas Indonesia di dua ajang berbeda itu karena masih ada jeda tak kurang dari empat hari antara putaran ketiga dan Piala AFF 2024.

"Gini. Kan Piala AFF 2024 dan [match kelima dan ke-enam] Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia jadwalnya tidak bersinggungan," kata Sumardji.

"Kalau yang disebut singgungan itu kurang dari 4 hari sudah tanding lagi. Masih sesuai dengan yang kita sebut bahwa timnas H-4 sudah kumpul," jelas Sumardji.

Baca Juga: STY Terlambat Pulang, Kapan Jay Idzes Cs Kumpul Bareng Timnas Indonesia? Manajer Buka Suara

Pernyataan Sumardji mengisyaratkan bahwa rumor yang menyebut Nova Arianto atau Indra Sjafri bakal memimpin Timnas Indonesia di Piala AFF 2024 mungkin tidak terjadi.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sosok #yang #pimpin #timnas #indonesia #piala #2024 #sejauh #bukan #nova #arianto #atau #indra #sjafri

KOMENTAR