Daripada Tunggu Maarten Paes, Shin Tae-yong Disarankan Pakai Kiper Lokal untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026
Maarten Paes, kiper keturunan Indonesia yang baru saja resmi menjadi WNI, masih belum bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (instagram Maarten Paes)
11:42
10 Juli 2024

Daripada Tunggu Maarten Paes, Shin Tae-yong Disarankan Pakai Kiper Lokal untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

PSSI dan Shin Tae-yong disarankan pakai jasa kiper lokal di rode 3 kualifikasi Piala Dunia 2026, dibanding menunggu sidang CAS Maarten Paes. Ini berguna untuk pembentukan kiper nasional dari Liga 1 Indonesia.

Saran itu diberikan Pengamat Sepak Bola Ignatius Indro saat berbincang dengan Suara.com, Rabu (10/7/2024).

Menurut dia, naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia jangan sampai melupakan mencetak pemain-pemain yang berkompetisi di Liga Indonesia.

Maarten Paes, kiper FC Dallas, melenggang ke MLS All-Star 2024. (Twitter FC Dallas)Maarten Paes, kiper FC Dallas, melenggang ke MLS All-Star 2024. (Twitter FC Dallas)

"Tapi kan sebenarnya, yang menjadi masalah dari program naturalisasi PSSI harus memikirkan bagaimana Liganya diperbaiki, generasi mudanya dipikirkan," kata Indro.

Baca Juga: Apa Itu Pleuritis? Penyakit yang Diidap Shin Tae-yong

Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 dimulai September 2024, menurut Indro Shin Tae-yong masih banyak waktu untuk memilih kiper terbaik yang berkarier di liga 1 Indonesia.

Dengan momentum ini, Indro meyakin bisa menjadi titik di mana PSSI bisa membangun sepak bola Indonesia dengan mengutamakan regenerasi pemain yang berkarier di dalam negeri.

"Jadi membangun sepak bola secara sistemik dengan cara begini. Kita sangat membutuhkan pemain berkualitas," papar Indro.

Masa depan Maarten Paes di Timnas Indonesia masih abu-abu di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengaku pihaknya masih ragu apakah pemain keturunan Belanda itu bisa tampil.

Baca Juga: Komdis PSSI Dinilai Banyak Keluarkan Denda dan Hukuman Absurd di Liga 1

Pasalnya, hingga kini, belum ada perkembangan terbaru terkait proses perpindahan federasi Paes dari Belanda ke Indonesia.

Yunus mengungkapkan bahwa PSSI telah membawa permasalahan ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), namun belum ada kabar baik yang diterima.

"Masih proses, masih proses. Kita tunggu saja yang Maarten Paes," kata Yunus kepada awak media, termasuk Suara.com.

Paes sendiri sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak November 2022.

Kehadirannya diharapkan bisa menambah kekuatan Timnas di posisi penjaga gawang, terutama dalam menghadapi lawan berat di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Meski demikian, Yunus belum bisa memastikan apakah proses perpindahan federasi Paes bisa selesai tepat waktu.

Ia hanya berharap ada kabar baik sesegera mungkin.

"Kami sih belum tahu, tetapi kami sudah berupaya maksimal kok mengurusi Maarten Paes. Kami maksimal, tim kami tetap bekerja," pungkasnya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #daripada #tunggu #maarten #paes #shin #yong #disarankan #pakai #kiper #lokal #untuk #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR