Keturunan Banda Neira, Keponakan Jairo Riedewald Ngebet Bela Timnas Indonesia
Jairo Riedewald Saat Berseragam Klub Crystal Palace FC. (instagram.com/jairo_riedewald)
14:42
4 Juli 2024

Keturunan Banda Neira, Keponakan Jairo Riedewald Ngebet Bela Timnas Indonesia

Keponakan Jairo Riedewald, yakni Kenzo Riedewald, mengutarakan harapannya agar PSSI menghubunginya untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Kenzo Riedewald mengutarakan harapannya tersebut saat berbincang-bincang Yussa Nugraha di kanal YouTube-nya, @YussaNugraha.

Dalam obrolan tersebut, Yussa menanyakan tanggapan Kenzo terkait banyaknya pemain keturunan di Eropa, terutama di Belanda, yang membela Timnas Indonesia.

“Aku suka mereka bermain di bagian tempat asal mereka (Indonesia), di Tanah Air, jadi aku sangat menyukainya,” tanggap pemain yang kini berusia 17 tahun tersebut.

Baca Juga: Menang Telak, Erick Thohir Beri Wejangan Khusus untuk Timnas Indonesia U-16

Kenzo pun bahkan mengaku bahwa dirinya terkadang ingin mengikuti jejak pemain keturunan lainnya untuk membela Indonesia.

“Dan terkadang ya, sering aku juga berpikir untuk melakukannya. (Tapi) tidak pernah benar-benar ada orang (PSSI) datang padaku secara konkret,” lanjutnya.

Pemain yang tercatat membela AZ Alkmaar itu pun kemudian berharap agar PSSI menghubunginya untuk menjalani naturalisasi dan membela Indonesia.

“Ya aku mungkin bakal ambil penawaran itu (membela Indonesia), tapi juga melihat situasinya bagaimana di klub sini,” kata Kenzo.

Sebagai informasi, Kenzo Riedewald sendiri merupakan pemain keturunan berdarah Indonesia-Suriname yang lahir dan besar di Belanda.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF U-16, Tanda Nasib Buruk Tangan Kanan Shin Tae-yong?

Ia lahir pada tanggal 24 Februari 2007 di Almere. Darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya datang dari sang kakek yang berasal dari Banda Neira.

Adapun darah Suriname yang ada di tubuhnya datang dari sang ayah yang berasal dari negara yang sempat jadi tempat pembuangan orang-orang Jawa tersebut.

Lahir di Belanda, Kenzo pun mengawali kiprah sepak bolanya di negara tersebut. Ia pertama kali menimba ilmu di akademi FC Utrecht.

Setelahnya, Kenzo sempat berpindah-pindah klub seperti akademi BFC Bussum, akademi Almere City, akademi RKAVIC Amstelveen, akademi Ajax Amsterdam, dan kini di akademi AZ Alkmaar.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini tercatat sudah tampil 17 kali bagi tim AZ Alkmaar U-17 di kompetisi Division 1 Fall dan Divisie 1 Spring.

Menurut pengakuan Kenzo, musim depan dirinya akan bermain untuk tim U-19 dan mengincar kontrak profesionalnya bersama AZ Alkmaar.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #keturunan #banda #neira #keponakan #jairo #riedewald #ngebet #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR