Fakta Menarik Jelang Duel Swiss vs Italia di 16 Besar Euro 2024, Kans La Nati dan Azzurri ke Perempat Final Sama Besar
Penyerang timnas Italia, Mattia Zaccagni (tidak terlihat) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol menit akhir selama pertandingan Grup B Euro 2024 antara Kroasia vs Italia di Stadion Leipzig di Leipzig pada 24 Juni 2024. Italia pun menahan Kroasia 1-1 dan berhak melaju ke 16 besar. GABRIEL BOUYS / AFP
21:42
29 Juni 2024

Fakta Menarik Jelang Duel Swiss vs Italia di 16 Besar Euro 2024, Kans La Nati dan Azzurri ke Perempat Final Sama Besar

Duel Swiss vs Italia akan menjadi laga pembuka babak 16 besar Euro 2024, dan sejumlah fakta menarik tersaji jelang laga hidup mati yang akan digelar di Olympiastadion, Sabtu (29/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Di Euro kali ini performa Swiss bisa dibilang lebih mentereng ketimbang Italia. Dari tiga pertandingan Swiss berhasil meraup lima poin hasil dari satu kemenangan dan dua kali imbang.

Penyerang Timnas Swiss, Breel Embolo (tengah) merayakan gol ke gawang Hungaria pada laga Euro 2024 di Cologne, Jerman, Sabtu (15/6/2024) malam WIB. [J Soriano / AFP]Penyerang Timnas Swiss, Breel Embolo (tengah) merayakan gol ke gawang Hungaria pada laga Euro 2024 di Cologne, Jerman, Sabtu (15/6/2024) malam WIB. [J Soriano / AFP]

Belum tersentuh kekalahan, di fase grup Swiss mengemas lima gol dan tiga kali kebobolan. Mereka mengalahkan Hungaria 3-1 di laga perdana. Setelah itu, mereka bermain imbang 1-1 dengan Skotlandia dan yang paling mengejutkan adalah menahan tuan rumah Jerman 1-1 di matchday ketiga.

Italia yang mengantongi predikat juara bertahan dan kandidat juara di Euro kali ini justru bersusah payah untuk lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga: Tak Bermaksud Remehkan Italia, Ini yang Bikin Murat Yakin Optimistis Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024

Menang di laga pertama dan imbang di laga kedua, Italia nyaris gagal lolos ketika menghadapi Kroasia di laga penentuan. Italia yang membutuhkan hasil imbang, sempat tertinggal lebih dulu dari Kroasia di menit 55.

Gol penyelamat Italia tersebut datang jelang laga usai, tepatnya di menit 90+8 lewat sepakan Mattia Zaccagni. Hasil 1-1 tersebut membuat Azzurri finis sebagai runner up Grup B dan lolos dramatis ke fase gugur pertama.

Berikut sejumlah fakta menarik jelang pertemuan Swiss dan Italia di babak 16 besar Euro 2024 yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Ini merupakan pertemuan kelima Swiss vs Italia di turnamen internasional. Dari empat pertemuan sebelumnya, Swiss meraih dua kemenangan yaitu di Piala Dunia 1954 (2-1 di fase grup dan 4-1 di play-off grup).

Sementara Italia menang di dua laga terakhir turnamen internasional, di Piala Dunia 1962 dan EURO 2020. Keduanya di fase grup.

Baca Juga: Swiss vs Italia: Azzurri Punya Taktik Beragam, La Nati Siap Cari Celah

2. Swiss belum pernah mengalahkan Italia di 11 pertemuan terakhir di semua ajang. 11 pertemuan tersebut berakhir dengan enam hasil imbang dan lima kali kalah.

3. Timnas Swiss telah mencapai fase gugur di masing-masing dari enam turnamen internasional besar terakhir (Piala Eropa dan Piala Dunia), sejak Piala Dunia 2014.

4. Dalam 26 laga knockout terakhir Timnas Italia, 15 di antaranya harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu, termasuk empat dari lima pertandingan terakhir mereka.

Secara keseluruhan, Azzurri telah mengalami lebih banyak pertandingan perpanjangan waktu dibandingkan negara lain di Piala Dunia dan Piala Eropa (21) dan hanya Spanyol (11) yang mendapat penalti lebih banyak daripada Timnas Italia (10).

5. Swiss hanya kalah satu kali dari 13 pertandingan terakhirnya di Piala Eropa (4 menang dan 8 imbang). Kekalahan itu terjadi ketika ditekuk 0-3 melawan Italia di penyisihan grup Euro 2020.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #fakta #menarik #jelang #duel #swiss #italia #besar #euro #2024 #kans #nati #azzurri #perempat #final #sama #besar

KOMENTAR