Ratu Tisha Sebut Tak Ada Grup Neraka di Ronde Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Semua Lawan Timnas Indonesia Sulit
Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria menyapa rekannya saat tiba dalam Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa Komite Olimpiade Indonesia 2023 di Jakarta, Senin (6/3/2023). Rapat anggota dan kongres luar biasa tahunan Komite Olimpiade Indonesia dihadiri 64 cabang olahraga yang merupakan anggota NOC Indonesia. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
19:12
29 Juni 2024

Ratu Tisha Sebut Tak Ada Grup Neraka di Ronde Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Semua Lawan Timnas Indonesia Sulit

Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria menanggapi hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang menempatkan Timnas Indonesia di Grup C. Menurutnya, tak ada yang namanya grup neraka karena semua lawan sulit.

Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China. Hanya skuad Garuda yang bisa dibilang kurang pengalaman di babak ini.

Lawan-lawan Timnas Indonesia tersebut sebagian besar adalah langganan Piala Dunia. Begitu pun di grup lain sama beratnya persaingan yang ada.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri) serta Ratu Tisha Destria (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai sarasehan bersama Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI se-Indonesia di Jakarta, Minggu (19/3/2023). Sarasehan tersebut membahas rencana bergulirnya kembali kompetisi Liga 2 dan Liga 3 setelah Liga 1 2022-2023 usai, kerja sama pengembangan sepak bola nasional bersama federasi negara lain yang lebih maju sepak bolanya, serta langkah-langkah lain dalam mencapai target peringkat 50 besar FIFA pada 2045. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri) serta Ratu Tisha Destria (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai sarasehan bersama Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI se-Indonesia di Jakarta, Minggu (19/3/2023). Sarasehan tersebut membahas rencana bergulirnya kembali kompetisi Liga 2 dan Liga 3 setelah Liga 1 2022-2023 usai, kerja sama pengembangan sepak bola nasional bersama federasi negara lain yang lebih maju sepak bolanya, serta langkah-langkah lain dalam mencapai target peringkat 50 besar FIFA pada 2045. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

"Kalau Timnas Indonesia sudah bertanding di level kualifikasi Piala Dunia, itu tidak ada istilah grup neraka. Karena pasti semua lawan sulit. Jadi semua harus paham bahwa ini sudah bukan kualifikasi babak awal, ini merupakan putaran ketiga," ujar Tisha dilansir dari Antara, Sabtu (29/6/2024).

Baca Juga: Shin Tae-yong Perpanjang Kontrak, Begini Kehebohan Media Korea: KFA Gigit Jari

"Jadi, bagi saya di putaran ini semua lawan harus kami treatment dengan mentalitas yang sama dan kami tidak bisa bicara banyak harus fokus pada pertandingan pertama," jelasnya.

Tisha percaya Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan mempersiapkan tim dengan baik. Apalagi, tim Merah Putih saat ini sudah lebih bagus dari sebelumnya.

"Itu semua strategi-strategi yang berjalan secara top down. Terima kasih untuk beliau juga. Mungkin tim-tim lain tidak menyangka hal tersebut, mungkin di awal lebih baik satu grup dengan Indonesia, ternyata malah tidak," jelasnya.

Di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, juara dan runner-up grup, totalnya enam negara, akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Peringkat 3 dan 4 grup, total enam negara, akan ikut babak keempat.

Babak keempat akan dibagi menjadi dua grup, juara grup langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Sehingga total sudah delapan wakil Asia yang lolos.

Asia masih dapat menambah satu lagi menjadi sembilan wakil yakni runner-up babak keempat akan diadu. Pemenangnya akan melakoni laga Playoff dengan perwakilan dari benua lain.

Baca Juga: Masih Muda, Dua Pemain Timnas Indonesia Diminati Klub Divisi Championship Inggris

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #ratu #tisha #sebut #grup #neraka #ronde #tiga #kualifikasi #piala #dunia #2026 #semua #lawan #timnas #indonesia #sulit

KOMENTAR