Profil Carlos Pena: Pelatih Anyar Persija, Eks Rekan Lionel Messi dan Andres Iniesta
Profil Carlos Pena: Pelatih Anyar Persija, Eks Rekan Lionel Messi dan Andres Iniesta [latribunadealbacete]
17:12
29 Juni 2024

Profil Carlos Pena: Pelatih Anyar Persija, Eks Rekan Lionel Messi dan Andres Iniesta

Persija Jakarta resmi mendapatkan pelatih pengganti Thomas Doll. Tim Macan Kemayoran resmi kontrak pelatih asal Spanyol, Carlos Pena.

Dikutip dari laman resmi Persija, Pena telah menjalin kesepakatan untuk mengarungi persaingan Liga 1 2024/2025. Ia akan menahkodai Firza Andika cs selama satu musim ke depan.

Carlos Pena mengaku sangat bangga bisa melatih di Persija. Gairah dalam melatihnya dipastikan akan berlipat-lipat lantaran dirinya sangat mengagumi Macan Kemayoran.

“Persija adalah klub yang sangat besar dengan suporter yang luar biasa. Mereka memiliki target yang ambisius,” ucapanya.

Baca Juga: Coba Jasa Fotografer Lokal, Intip 7 Potret Angelina Sondakh dan Keanu Massaid di Barcelona

“Saya ingin melanjutkan perjalanan saya sebagai pelatih di klub besar seperti Persija. Saya bertekad membantu perkembangan klub dan para pemainnya," tambah pelatih 40 tahun itu.

Sebelum direkrut Persija, Pena melatih klub Thailand, Ratchburi. Ia juga pernah melatih FC Goa India (2022-2023) dan Albacete U-19 Spanyol (2021-2022).

Profil Carlos Pena

Carlos González Pena lahir di Salamanca, Spanyol pada 28 Juli 1983. Sebelum menjadi pelatih pada 2022, Pena merupakan pesepak bola berposisi sebagai full back kiri.

Karier Pena dimulai saat ia menimba ilmu sepak bola di CF Damm. Ia kemudian bergabung ke akademi Barcelona. Pada 2001, Pena promosi ke tim C Barcelona.

Baca Juga: Persija Gelar Latihan Perdana Hari Ini Tanpa Rizky Ridho dan Witan Sulaeman, Simak Alasannya

Di tim C Barcelona, Pena melakoni 50 caps dan mencetak 1 gol di semua kompetisi periode 2001 hingga 2003. Perfomance Pena yang apik di tim C membuatnya promosi ke tim B Barcelona.

Bersama tim B Barcelona ini Pena kemudian satu tim dengan sejumlah legenda Blaugrana seperti Andres Iniesta, Victor Valdes, hingga Lionel Messi.

Pada musim 2003/04, Pena satu tim dengan Messi di tim B Barcelona. Sementara Iniesta sudah promosi ke tim utama Blaugrana.

Di musim itu, Pena dan Messi dilatih oleh Gil Orriols. Total Pena melakoni 107 penampilan bersama Barcelona B dan mencetak 2 gol.

Pena tak pernah menembus skuat utama Barcelona dan pada 2006, ia dilepas ke Albacete. Tiga musim di sana, Pena kemudian bergabung ke Recreativo Huelva.

Ia kemudian menghabiskan 5 musim bersama Real Valladolid. Singkat cerita, pada musim 2018, ia pindah ke India dan bermain untuk FC Goa.

Dari 2018 hingga 2020, Carlos Pena bermain sebanyak 39 kali bersama FC Goa di Liga India dan mencetak 2 gol.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #profil #carlos #pena #pelatih #anyar #persija #rekan #lionel #messi #andres #iniesta

KOMENTAR