Head to Head Timnas Indonesia Kontra Bahrain dan China, 2 Lawan Paling Realistis di Grup C Kualifikasi Piala Dunia
Timnas China tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Jung Yeon-je / AFP]
21:06
27 Juni 2024

Head to Head Timnas Indonesia Kontra Bahrain dan China, 2 Lawan Paling Realistis di Grup C Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia tergabung di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama raksasa Asia Jepang, Australia dan Arab Saudi serta dua tim kuat lainnya, Bahrain dan China.

Hasil drawing yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024) memang menempatkan Timnas Indonesia di grup neraka Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bagaimana tidak, Jepang, Australia dan Arab Saudi merupakan raksasa Asia langganan Piala Dunia.

Indonesia merupakan negara dengan ranking FIFA terendah di Grup C yaitu peringkat 134 dunia.

Baca Juga: Eks Striker Jepang Bahas Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Sama Sekali Tak Singgung Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia melakukan sesi foto sebelum pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Suara.com/Alfian Winanto]

Bisa dibilang, China yang ada di peringkat 88 dunia dan Bahrain yang ada di peringkat 81 ranking FIFA, adalah lawan yang paling 'realistis' untuk Timnas Indonesia bisa meraih hasil positif di Grup C ini.

Peringkat satu dan dua dari enam tim di tiga grup Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Sementara peringkat tiga dan empat akan lanjut ke Round 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dan masih bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Meski demikian, bicara head to head, Timnas Indonesia sebenarnya punya rekor pertemuan yang inferior melawan China.

Tim senior Garuda tercatat telah bertemu dengan China sebanyak 17 kali di semua kompetisi. Hasilnya, Indonesia hanya mampu meraih tiga kemenangan, tiga hasil imbang, dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Baca Juga: Bukti Sahih 5 Lawan Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia Benar-benar Maut, Semua Macan Asia

Rekor pertemuan Indonesia melawan Bahrain sedikit lebih baik. Dari tujuh pertemuan, Indonesia menang dua kali --termasuk kemenangan 2-1 di Piala Asia 2007, imbang dua kali, dan kalah tiga kali.

Namun, Timnas Indonesia senior pernah mencatatkan kekalahan terbesar di laga internasional sepanjang sejarah saat dihajar Bahrain 0-10 pada Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Head to Head Timnas Indonesia vs China:

[doc. 11 vs 11]

Head to Head Timnas Indonesia vs Bahrain:

[doc. 11 vs 11][doc. 11 vs 11]

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #head #head #timnas #indonesia #kontra #bahrain #china #lawan #paling #realistis #grup #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR