Demi Bikin Malaysia Kuat, Kim Pan-gon Blak-blakan Ingin Tiru Cara STY di Timnas Indonesia
Pelatih Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon meneriakkan instruksi kepada para pemainnya pada pertandingan Grup E Piala Asia 2023 antara Korea Selatan vs Malaysia di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 25 Januari. 2024. HECTOR RETAMAL / AFP.
16:18
18 Juni 2024

Demi Bikin Malaysia Kuat, Kim Pan-gon Blak-blakan Ingin Tiru Cara STY di Timnas Indonesia

Pelatih Malaysia Kim Pan-gon blak-blakan mengikuti cara juru formasi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menjadikan tim semakin kuat. Cara tersebut adalah mencari pemain untuk dinaturalisasi.

Naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia era Shin Tae-yong bukan lagi rahasia umum. Hal tersebut bisa dibilang berhasil karena skuad Garuda kini diperhitungkan lawan.

STY juga tidak asal-asalan menaturalisasi pemain. Selain harus punya kemampuan, pemain tersebut harus memiliki darah keturunan Indonesia.

Gaji Shin Tae-yong lebih tinggi dari Kim Pan-gon. (Kolase PSSI dan nst.com.my)Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon. (Kolase PSSI dan nst.com.my)

Hal inilah yang dicoba Kim Pan-gon di Timnas Malaysia. Menurutnya, cara STY sangat bagus mengangkat prestasi tim nasional.

Baca Juga: Euro 2024: Vincenzo Montella Tegaskan Turki Bidik Tiga Poin Lawan Georgia

“Pelatih Indonesia (Direktur Shin Tae-yong) terbang ke Eropa untuk mencari silsilah mereka guna memperkuat kemampuannya," kata Kim dilansir dari Best Eleven, Selasa (18/6/2024).

Rencana Kim tersebut diamini oleh Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Mereka menyerahkan penuh pemilihan pemain kepada juru formasi asal Korea Selatan tersebut.

“Pemilihan pemain naturalisasi akan diserahkan kepada Pelatih Kim dan staf pelatih untuk mengevaluasinya." ujar Sekretaris Jenderal FAM Azman.

“Setelah evaluasi selesai, staf pelatih akan meneruskan evaluasi tersebut ke asosiasi untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Baca Juga: Prediksi Portugal vs Republik Ceko di Euro 2024: Preview, Head to Head, Skor dan Live Streaming

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #demi #bikin #malaysia #kuat #blak #blakan #ingin #tiru #cara #timnas #indonesia

KOMENTAR