Euro 2024: Luis de la Fuente Puji Mentalitas Pemain Kroasia, Skuad Spanyol Wajib Tiru
Pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente. [CRISTINA QUICLER / AFP]
09:48
15 Juni 2024

Euro 2024: Luis de la Fuente Puji Mentalitas Pemain Kroasia, Skuad Spanyol Wajib Tiru

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente memuji mentalitas para pemain Kroasia, tim yang akan mereka hadapi di laga perdana Grup B Euro 2024.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa tahun terakhir Kroasia tampil impresif dengan mencapai babak 16 besar di dua edisi terakhir Euro, serta menjadi runner-up Piala Dunia 2018 dan menempati posisi tiga Piala Dunia 2022 lalu.

Menurut de la Fuente, kesuksesan Kroasia tidak lepas dari rasa persatuan dan kebanggaan yang dimiliki para penggawa Vatreni.

Gelandang Spanyol Pedri merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Spanyol dan Irlandia Utara di stadion Son Moix di Palma de Mallorca pada 8 Juni 2024.JAIME REINA / AFPGelandang Spanyol Pedri merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola persahabatan internasional antara Spanyol dan Irlandia Utara di stadion Son Moix di Palma de Mallorca pada 8 Juni 2024.JAIME REINA / AFP

"Saya benar-benar mengagumi mentalitas pemain Kroasia karena mereka adalah contoh kebanggaan nasional, rasa persatuan, kebanggaan terhadap tim nasional, dan saya bangga ketika kami merasakan hal yang sama," kata De la Fuente dalam jumpa pers pralaga seperti dikutip laman resmi UEFA, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga: 5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Euro 2024, Ronaldo Bukan Lagi Nomor Satu

"Para pemain Kroasia, selain memiliki rasa kebangsaan dan kekuatan, juga memiliki bakat khusus dalam bidang olahraga dan olahraga tim. Penampilan mereka sebagai tim dalam beberapa tahun terakhir sungguh luar biasa," sambungnya.

De la Fuente pun tidak menampik jika sejak dirinya ditunjuk sebagai juru taktik La Roja, ia mencoba menerapkan nilai-nilai tersebut.

Upaya tersebut pun tidak sia-sia. Spanyol sukses merebut gelar juara UEFA Nations League di musim 2022/23 dan berhasil melaju ke putaran final Euro 2024 dengan catatan mengagumkan.

"Ketika Anda menyatukan bakat dan kebanggaan nasional, itu akan membuat tim mana pun menjadi sangat berbahaya dan sangat kuat. Itulah yang saya coba tanamkan ke dalam tim nasional kami. Kami sangat bertalenta – kami memiliki pemain-pemain yang luar biasa," ujarnya.

"Kami perlu memahami apa artinya menjadi orang Spanyol dan berkata: 'Kami mewakili sebuah negara!' Kebanggaan yang Anda rasakan mewakili seluruh negara yang mendukung Anda. Itu memberi Anda banyak kekuatan."

Baca Juga: Daftar Top Skor Piala Eropa: Cristiano Ronaldo Masih yang Tersubur, Rekornya Sulit Dipatahkan di Euro 2024

Pertandingan Spanyol vs Kroasia di Grup B Euro 2024 akan digelar di Stadion Olimpiade Berlin, Sabtu (15/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Di laga kedua Spanyol akan menghadapi Italia pada 21 Juni, setelah itu Albania di laga pamungkas Grup B pada 25 juni mendatang.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #euro #2024 #luis #fuente #puji #mentalitas #pemain #kroasia #skuad #spanyol #wajib #tiru

KOMENTAR