Asnawi Sebut Timnas Indonesia Bakal Makin Kuat Jelang Putaran Ketiga, Kode PSSI Tambah Naturalisasi?
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina Patrick Reichelt dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
16:06
12 Juni 2024

Asnawi Sebut Timnas Indonesia Bakal Makin Kuat Jelang Putaran Ketiga, Kode PSSI Tambah Naturalisasi?

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, menegaskan timnya akan semakin kuat jelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan bergulir pada 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Pernyataan Asnawi Mangkualam layaknya sebuah kode bahwa PSSI bakal kembali menambah penggawa naturalisasi dalam tubuh Timnas Indonesia jelang fase penting tersebut.

Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga usai menjadi runner-up Grup F putaran kedua. Mereka mengoleksi 10 poin dan berhak menemani Irak melaju ke putaran selanjutnya.

Skuad Garuda finis sebagai runner-up Grup F setelah menang 2-0 atas Filipina dalam matchday keenam Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga: Terungkap Alasan Timnas Indonesia Pakai Jersey Tandang Padahal Tuan Rumah Lawan Filipina, Ternyata Akal Bulus STY Lagi

Kendati berhasil lolos, Timnas Indonesia harus segera mempersiapkan diri mengingat lawan-lawan yang akan mereka hadapi di putaran ketiga bukanlah tim sembarangan.

Merujuk ranking FIFA, Timnas Indonesia bahkan merupakan kontestan dengan peringkat terendah di banding 18 tim lainnya.

Pemain Timnas Indonesia Thom Haye berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pemain Timnas Indonesia Thom Haye berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Namun, hal tersebut tidak membuat nyali Asnawi Mangkualam kendur. Eks pemain Ansan Greeners itu merasa Timnas Indonesia akan semakin kuat.

"Kalau memang (lawan) Korea, Jepang, memang sangat kuat, tapi kami punya juga kualitas pemain yang cukup baik saat ini dan mungkin akan bertambah lagi," kata Asnawi usai pertandingan melawan Filipina.

Asnawi menerangkan, Timnas Indonesia harus optimistis. Meski berat, asalkan berjuang keras pasti ada jalan buat memenangi pertandingan.

Baca Juga: Sepatu Pratama Arhan Bergambar Azizah Salsha Bikin Netizen Salfok: Lucu Banget Woy!

"Harus optimis, karena kami banyak pemain-pemain yang akan datang nantinya, akan saling berganti, semua akan dipersiapkan di bulan September," jelasnya.

"Kami selalu optimis bisa ke Piala Dunia (2026)," pungkas mantan pemain PSM Makassar tersebut.

Pernyataan Asnawi, khususnya perihal kekuatan Timnas Indonesia akan kembali bertambah, memunculkan spekulasi bahwa PSSI tengah mengincar pemain keturunan lainnya untuk dinaturalisasi.

Hal itu sejalan dengan perkataan pelatih Shin Tae-yong saat mengevaluasi kinerja para pemain depan skuad Garuda saat menghadapi Filipina. Dia mengaku tak segan untuk mencari pemain lain andai Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen dan striker lainnya kurang tajam di depan gawang.

"Jujur saya tidak bisa memberi nilai baik kepada lini depan. Memang mereka harus evaluasi diri dengan baik," kata Shin Tae Yong dalam konferensi pers pasca laga.

"Saya akan mencari terus pemain-pemain depan yang lain," tambahnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #asnawi #sebut #timnas #indonesia #bakal #makin #kuat #jelang #putaran #ketiga #kode #pssi #tambah #naturalisasi

KOMENTAR