Terungkap Alasan Timnas Indonesia Pakai Jersey Tandang Padahal Tuan Rumah Lawan Filipina, Ternyata Akal Bulus STY Lagi
Para pemain Timnas Indonesia mengenakan jersey tandang berwarna putih pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:36
12 Juni 2024

Terungkap Alasan Timnas Indonesia Pakai Jersey Tandang Padahal Tuan Rumah Lawan Filipina, Ternyata Akal Bulus STY Lagi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan alasan mengapa timnya mengenakan jersey tandang berwarna putih, padahal bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Filipina dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Padahal biasanya jika bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia selalu menggunakan seragam berwarna merah, yang memang merupakan jersey utama skuad Garuda.

Namun, Shin Tae-yong ternyata memiliki pemikiran lain. Ada alasan khusus dibalik keputusan menggunakan jersey tandang di laga kandang kontra Filipina di matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua ini.

STY menyebut ada efek lain ketika Marselino Ferdinan dan kawan-kawan memakai jersey putih.

"Kenapa memilih jersey putih karena memang putih membuat postur tubuh kelihatan lebih besar," ungkap Shin Tae-yong dalam pernyataan resminya yang dikutip Rabu (12/6/2024).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Lalu, dengan cuaca panas dan lembab, ini lebih enak memakai warna putih daripada merah," sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Yang menarik, sebelumnya Shin Tae-yong juga jadi salah satu aktor berubahnya waktu kick-off pertandingan Timnas Indonesia dari tadinya malam hari ke sore hari.

Ini terjadi di laga matchday 5 Grup F saat Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak di SUGBK pekan lalu. Alasannya, Irak dinilai akan kesulitan jika tampil di cuaca panas ketimbang laga digelar pada malam hari. Namun, pada akhirnya skuad Garuda kalah juga.

Akan tetapi, pada pertandingan terakhir lawan Filipina, pasukan Shin Tae-yong mampu menang dengan skor 2-0 atas Filipina. Dua gol tim Merah Putih dicetak oleh Thom Haye dan Rizky Ridho.

Hasil tersebut membawa Timnas Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda melaju ke babak tersebut sebagai runner-up Grup F setelah mengoleksi 10 poin dari enam pertandingan.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #terungkap #alasan #timnas #indonesia #pakai #jersey #tandang #padahal #tuan #rumah #lawan #filipina #ternyata #akal #bulus #lagi

KOMENTAR