Klasemen Grup F Pasca Kemenangan Timnas Indonesia Lawan Filipina, Garuda Cetak Sejarah
Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
23:06
11 Juni 2024

Klasemen Grup F Pasca Kemenangan Timnas Indonesia Lawan Filipina, Garuda Cetak Sejarah

Timnas Indonesia mengunci kelolosan ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia lewat kemenangan atas Filipina pada matchday terakhir Grup F kualifikasi putaran kedua, Selasa (11/6/2024) malam.

Timnas Indonesia senior menang 2-0 atas rival ASEAN mereka itu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk mengunci status runner-up di klasemen akhir Grup F.

Skuad Garuda mengoleksi 10 poin dari enam pertandingan, hasil dari tiga kemenangan, sekali imbang dan dua kali kalah.

Dua gol Timnas Indonesia yang dicetak Thom Haye (31') dan Rizky Ridho (55') membawa tim Garuda ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Baca Juga: Efek Lapangan Kurang Apik, Selebrasi Knee Slide Thom Haye yang Gagal Disorot Netizen

Tim Garuda menemani pemuncak klasemen Grup F, Irak yang sudah lolos terlebih dahulu.

Jumlah 10 poin tersebut sudah tak mampu dikejar Vietnam yang kini ada di posisi ketiga klasemen Grup F dengan 6 poin, dengan apapun hasil melawan Irak di Basra pada Rabu (12/6/2024) dini hari WIB nanti sudah tak berpengaruh pada nasib Vietnam di babak kualifkasi.

Timnas Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia 1938, tapi saat itu masih bernama Hindia Belanda.

Dan untuk format saat ini, Timnas Indonesia sebelumnya memang belum pernah melaju ke babak ketiga, dengan laju terbaik sebelumnya terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1986 yaitu melaju ke putaran kedua.

Di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti, Timnas Indonesia akan bersaing dengan 17 negara lainnya termasuk Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Australia, untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang dimainkan pertama kalinya di tiga negara yakni di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Baca Juga: Thom Haye Jebol Gawang Kiper Persib, The Professor Pemain Timnas Indonesia Paling Sibuk Lawan Filipina

Sebanyak 18 tim di putaran ketiga akan dibagi dalam tiga grup yang diisi enam tim, dengan dua tim teratas dari setiap grup otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Andai pun gagal menjadi juara dan runner-up grup di ronde ketiga nanti, Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan kampanye di posisi ketiga atau keempat klasemen akhir.

Dua posisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk memperebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket play-off.

Sementara itu, para juara dan runner-up grup di putaran ketiga nanti akan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026 mewakili Asia.

Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

klasemen

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #klasemen #grup #pasca #kemenangan #timnas #indonesia #lawan #filipina #garuda #cetak #sejarah

KOMENTAR