Tantang Timnas Indonesia, Filipina Bertekad Tutup Kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan Manis
Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet dalam konferensi pers sehari jelang laga melawan Timnas Indonesia di Jakarta. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]
15:00
10 Juni 2024

Tantang Timnas Indonesia, Filipina Bertekad Tutup Kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan Manis

Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet ingin memberikan kesan yang manis saat melawan tuan rumah Timnas Indonesia di laga besok. Apalagi, laga tersebut akan jadi penutup kampanye Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Duel matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024) pukul 19:00 WIB.

Tom Saintfiet mengatakan, Filipina bertekad memberikan kesan yang manis di partai terakhirnya, dengan tim berjuluk The Azkals itu sudah dipastikan gagal melangkah ke ronde selanjutnya sebagai juru kunci Grup F.

"Besok adalah pertandingan terakhir untuk kami di FIFA World Cup Qualifiers. Sedih, karena kami keluar dari kompetisi ini, tetapi kami tidak sabar menantikan pertandingan besok," kata Tom dalam konferensi pers sehari jelang laga.

Tom sadar bukan perkara mudah mengalahkan Timnas Indonesia. Ia mengatakan skuad Garuda adalah salah satu kekuatan besar sepak bola Asia Tenggara.

Tom juga mengaku banyak tahu sepak bola Indonesia. Oleh karena itu, ia berjanji akan memberikan segalanya untuk laga besok di SUGBK.

"Indonesia adalah lawan terakhir kami di fase grup. Bagi kami, mereka adalah salah satu kekuatan sepak bola di Asia. Tapi, kami ingin menutup dengan manis dan memberikan sesuatu yang berarti untuk fans ataupun suporter kami," tegas juru taktik berusia 51 tahun tersebut.

"Ini adalah negara yang fantastis, saya tahu pelatih-pelatih Timnas Indonesia di masa lalu. Saya senang bisa menjadi pelatih yang menghadapi Timnas Indonesia."

"Filipina selama ini cuma pernah menang dua kali melawan Indonesia. Tentu bukan hal yang umum buat Filipina menang melawan Indonesia. Saya sangat menghormati Indonesia, apalagi mereka mendapat dukungan dari 70 ribuan suporter besok."

Meski demikian, sang pelatih tidak akan memberikan kemenangan mudah terhadap Timnas Indonesia. Ia tahu tim Merah Putih butuh kemenangan untuk lolos ke fase selanjutnya.

"Kami juga akan mencoba yang terbaik. Kami berkembang hari demi hari. Kami akan berupaya besok karena itu adalah tugas kami untuk menyenangkan para fans Filipina meski kami tahu Indonesia adalah timnas yang kuat," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #tantang #timnas #indonesia #filipina #bertekad #tutup #kampanye #kualifikasi #piala #dunia #2026 #dengan #manis

KOMENTAR