Prediksi Komposisi Lini Belakang Timnas Indonesia Pengganti Jordi Amat, Pemain Rp 43 Miliar Siap Menggila Hajar Filipina
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka ke gawang Vietnam dalam matchday keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). [Dok. X/Timnas Indonesia]
17:06
9 Juni 2024

Prediksi Komposisi Lini Belakang Timnas Indonesia Pengganti Jordi Amat, Pemain Rp 43 Miliar Siap Menggila Hajar Filipina

Timnas Indonesia bersiap tempur melawan Filipina di laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan krusial ini akan menentukan langkah Garuda menuju putaran ketiga.

Sayangnya, Timnas Indonesia harus kehilangan salah satu pemain pilarnya, Jordi Amat, akibat kartu merah di laga sebelumnya.

Bek keturunan Spanyol-Indonesia ini tak bisa dimainkan saat melawan Filipina.

Namun, kekhawatiran itu sedikit terobati dengan kembalinya Jay Idzes.

Baca Juga: Momen Egy Maulana Vikri Penasaran dengan Rambut Jay Idzes yang Selalu Klimis

Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini dikabarkan sudah dalam kondisi prima dan siap mengisi lubang di lini belakang.

Idzes sebelumnya absen di laga kontra Irak karena kelelahan usai menempuh perjalanan jauh dari Italia.

Kini, kondisinya telah pulih dan siap menunjukkan kemampuannya di lapangan hijau.

Pelatih Shin Tae-yong pun optimis dengan kehadiran Idzes.

Ia yakin sang pemain mampu memberikan kontribusi maksimal dan membantu Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Filipina.

Baca Juga: Irak Siap 'Bantu' Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kemenangan atas Filipina menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dukungan penuh dari para suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno diharapkan menjadi suntikan semangat bagi para pemain Garuda.

Prediksi susunan pemain

Bagi skuad Garuda, pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, menjadi penentu peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski di atas kertas unggul dari Filipina, Timnas Indonesia menghadapi masalah di lini belakang. Jordi Amat dipastikan absen setelah mendapat kartu merah langsung di laga kontra Irak.

Jordi Amat diusir wasit pada menit ke-59 dalam kekalahan 0-2 Timnas Indonesia dari Irak pada Kamis (6/6/2024).

Absennya Jordi Amat bakal membuat komposisi lini belakang Timnas Indonesia dipastikan berubah. Namun, kekosongan yang ditinggalkan bek 32 tahun itu dinilai tak terlalu besar karena kehadiran Jay Idzes.

Idzes, absen saat Timnas Indonesia kalah dari Irak karena baru bergabung dengan skuad sehari sebelum laga. Di laga kontra Filipina pada 11 Juni mendatang, dia diperkirakan sudah siap untuk tampil.

Formasi 3-4-3 Diperkirakan Jadi Pilihan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong diprediksi akan menggunakan formasi 3-4-3 untuk memaksimalkan kekuatan Timnas Indonesia di lini tengah dan depan. Formasi ini juga diharapkan dapat memperkuat lini pertahanan Timnas Indonesia yang ditinggal Jordi Amat.

Posisi kiper diperkirakan bakal tetap diberikan kepada Ernando Ari terlepas dari blunder fatalnya di laga Irak. Sementara trio bek tengah kemungkinan diisi Rizky Ridho, Jay Idzes dan Justin Hubner.

Untuk dua wingback kanan, Shin Tae-yong kemungkinan bakal mengandalkan kapten Asnawi Mangkualam yang di laga kontra Irak cuma bermain dari bangku cadangan. Sementara di wingback kiri, Pratama Arhan jadi favorit dibandingkan Shayne Pattynama.

Ivar Jenner dan Thom Haye diprediksi akan menjadi duet maut di lini tengah Timnas Indonesia. Ivar Jenner, pemain muda berbakat milik FC Utrecht, memiliki visi dan kontrol bola yang baik, sedangkan Thom Haye dikenal dengan kemampuannya dalam menjaga tempo permainan.

Marselino Ferdinan dan Rafael Struick diprediksi akan menjadi starter di lini depan Timnas Indonesia. Keduanya akan bahu membahu dengan striker Groningen FC, Ragnar Oratmangoen.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Thom Haye, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #prediksi #komposisi #lini #belakang #timnas #indonesia #pengganti #jordi #amat #pemain #miliar #siap #menggila #hajar #filipina

KOMENTAR