4 Negara ASEAN Masih Berpeluang Lolos ke Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
18:06
7 Juni 2024

4 Negara ASEAN Masih Berpeluang Lolos ke Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kualifikasi Piala Dunia 2026 memasuki babak akhir putaran kedua, 4 tim Asia Tenggara (ASEAN) berpeluang melaju ke putaran ketiga termasuk Timnas Indonesia.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua menyisakan satu laga terakhir, 4 tim wakil Asia Tenggara menjaga asa lolos putaran ketiga.

Warma-warni hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar pada Kamis (6/6/2024) membuat sejumlah tim berpeluang lolos ke babak selanjutnya.

Wakil Asia Tenggara tak hanya berjuang melawan tim wakil Asia lain, tetapi juga sesama konfederasi seperti yang terjadi pada Thailand dan Indonesia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Raih Hasil Terburuk di Antara para Rival di ASEAN

Thailand berada satu grup dengan Singapura di Grup C, sementara Timnas Indonesia berada di Grup F bersama Vietnam, lantas bagaimana peluang mereka?

Berikut daftar 4 tim Asia Tenggara (ASEAN) yang masih memiliki peluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

1. Timnas Malaysia

Hasil imbang melawan Kirgistan semalam tak membuat posisi Malaysia di tabel klasemen sementara Grup D berubah, meski angka bertambah menjadi 7 poin.

Meski begitu peluang Malaysia lolos ke putaran ketiga masih terbuka dengan mengandalkan skema yang menguntungkan di matchday pamungkas.

Baca Juga: Perolehan Poin FIFA Timnas Indonesia jika Kalahkan Filipina, Bisa untuk Katrol Posisi

Yakni memetik kemenangan atas Taiwan di kandang serta mengharapkan Kirgistan menelan kekalahan dari Oman, hasil imbang belum cukup menyelamatkan Malaysia.

Jika skema tersebut terwujud, maka raihan poin Malaysia dan Kirgistan sama yakni 10 poin, namun Harimau Malaya unggul head-to-head.

2. Timnas Vietnam

Misi sulit diusung Vietnam saat bertandang ke markas Irak di matchday terakhir fase Grup F, The Golden Stars harus menang.

Tambahan 3 angka membuat poin Vietnam menjadi 9 poin, berharap Timnas Indonesia hanya bermain imbang atau bahkan kalah dari Filipina.

Timnas Indonesia mengoleksi 7 poin, jika imbang melawan Filipina maka hanya akan mendapat satu tambahan angka.

Dengan begitu, Vietnam akan menggusur posisi Timnas Indonesia dari peringkat kedua klasemen akhir Grup F.

3. Timnas Thailand

Asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga masih menjadi milik Thailand, sang Raja Asean.

Hasil imbang melawan China semalam hanya membuat poin yang dikoleksi Thailand menjadi 5 poin, masih terpaut 3 angka dari China.

Thailand dalam posisi sulit, jika mengharap kekalahan China di laga terakhir fase grup, sementara mereka harus bisa menang atas Singapura.

Meski nantinya raihan poin Thailand dan China sama-sama 8 poin dan di pertemuan pertama, skuad Gajah Perang kalah dari Negeri Tirai Bambu.

4. Timnas Indonesia

Potensi besar lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebenarnya jadi milik Timnas Indonesia sejak menghadapi Irak kemarin.

Sayangnya Indonesia justru gagal dan kalah di kandang sendiri, skuad Garuda pun harus memastikan kemenangan diraih di matchday pamungkas.

Melawan Filipina pada Selasa (11/6/2024), kemenangan di laga tersebut tak hanya memastikan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga.

Akan tetapi juga mengamankan tiket ke Piala Asia 2027, sekaligus membuat laju Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 terhenti.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #negara #asean #masih #berpeluang #lolos #round #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR