Respons Shin Tae-yong soal Liga 1 Musim Depan Pakai Delapan Pemain Asing
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (dok.PSSI)
17:48
3 Juni 2024

Respons Shin Tae-yong soal Liga 1 Musim Depan Pakai Delapan Pemain Asing

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menanggapi kepastian setiap klub bisa merekrut delapan pemain asing untuk kompetisi Liga 1 musim depan. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut tren sepak bola Asia memang seperti itu sehingga harus diterima.

Shin Tae-yong mendukung perubahan regulasi yang telah dikonfirmasi operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) ini untuk meningkatkan kualitas kompetisi sepak bola di Tanah Air.

STY mengaku tidak khawatir dengan potensi pemain-pemain lokal bakal semakin kehilangan tempat buat unjuk gigi di kompetisi, yang nantinya tentu akan berpengaruh pada kans mereka masuk Timnas Indonesia.

Menurut Shin Tae-yong, pemain-pemain lokal tetap bisa membela Timnas Indonesia. Syaratnya, tentu bekerja keras bersaing memperebutkan posisi utama di klub.

Baca Juga: Gondol Sepatu Emas BRI Liga 1, David da Silva Pilih Merendah

"Untuk pemain asing jadi delapan, memang tren dari AFC seperti itu. Di Asia juga seperti itu. Jadi, mau tidak mau kita harus terima," kata Shin Tae-yong dalam pernyataan resminya yang dikutip Senin (3/6/2024).

Bagi Shin Tae-yong, pembinaan usia dini lebih penting untuk ditingkatkan. Dengan begitu, nantinya para pemain lokal bisa bersaing di kompetisi profesional.

"Hal yang terpenting dari semua itu adalah pembinaan usia dini. Harus diperkuat agar pemain lokal tak kalah saing dengan pemain asing dan juga pemain lainnya," tukasnya.

Adapun Shin Tae-yong pastinya memiliki standar tersendiri untuk pemain yang akan dipilih masuk ke Timnas Indonesia. Namun, jika pemain dari Liga 1 bisa menunjukkan kualitas di klub, ia bisa saja dipanggil.

Terbaru, ada bintang Madura United Malik Risaldi. Penampilan gemilangnya di BRI Liga 1 2023/2024 berbuah kepercayaan Shin Tae-yong usai mencetak 13 gol dan 4 assist.

Baca Juga: LIB Konfirmasi Penggunaan Regulasi Delapan Pemain Asing di Liga 1 Musim Depan

Malik Risaldi kini menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia untuk laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim Merah Putih dijadwalkan melakoni dua laga kandang melawan Irak pada 6 Juni 2024 dan FIlipina (11 Juni) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada dua laga terakhir Grup F.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #respons #shin #yong #soal #liga #musim #depan #pakai #delapan #pemain #asing

KOMENTAR