Dampak Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia Terasa di Korsel, Bukti Pelatih Muda Mulai Terinspirasi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [KARIM JAAFAR / AFP]
08:18
20 Mei 2024

Dampak Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia Terasa di Korsel, Bukti Pelatih Muda Mulai Terinspirasi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menginspirasi pelatih muda Korea Selatan, Yeom Ki-hoon.

Pelatih 41 tahun ini kini melatih Suwon Samsung Bluewings dan dikenal sebagai legenda klub tersebut sejak masa bermainnya.

Yeom Ki-hoon bermain 13 musim dengan Suwon Samsung Bluewings (2010-2023) sebelum menjadi pelatih kepala pada akhir 2023.

Punya Karier Mirip Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong (kanan) berdiri bersama anggota timnya sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Australia dan Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFPPelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong (kanan) berdiri bersama anggota timnya sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Australia dan Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP

Kariernya sebagai pemain mirip Shin Tae-yong, yang bermain 12 musim dengan Seongnam Ilhwa Chunma di Korea Selatan.

Shin Tae-yong mulai karir kepelatihannya sebagai asisten manajer di Brisbane Roar, klub terakhirnya sebagai pemain.

Setelah itu, ia kembali ke Seongnam Ilhwa, di mana ia sukses membawa klub tersebut meraih trofi AFC Champions League 2010.

Selanjutnya, ia melatih Timnas Korea Selatan di tiga kelompok usia hingga 2018, dan membawa mereka menjadi juara Piala Asia Timur 2014.

Kemudian, Shin Tae-yong menjadi pelatih utama Timnas Indonesia dan membawa mereka lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong baru saja membawa Timnas U-23 Indonesia maju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Jejaknya sebagai pelatih menjadi sumber inspirasi bagi Yeom Ki-hun.

Dampak Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Shin Tae-yong (pssi.org)Shin Tae-yong (pssi.org)

Yeom Ki-hun, yang saat ini berkompetisi di K-League 2 bersama Suwon Samsung Bluewings, mengungkapkan keinginannya untuk meneladani gaya kepelatihan yang dimiliki oleh Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia.

"Diantara para pelatih yang saya kagumi adalah Seo Jeong-won (manajer CD Rongcheng)," ungkap Yeom seperti yang dikutip dari Sports Khan pada Sabtu (18/5/2024). "Namun, orang yang benar-benar saya ingin ikuti jejaknya adalah Shin Tae-yong," tambahnya.

Yeom Ki-hun juga menyoroti kecermatan Shin Tae-yong dalam merancang strategi sebelum pertandingan, sebuah aspek yang ingin ditiru olehnya.

"Pendekatan detail dari pelatih Shin terhadap permainan, termasuk bagaimana kami harus bereaksi ketika pemain penyerang berada di sini dan bagaimana kami harus mengantisipasi jika bola berada di sana, itu semua sangat berpengaruh bagi kami," ujar Yeom Ki-hun.

"Ketika kami bermain melawan Jepang, kehilangan bola menjadi masalah besar bagi kami," tambahnya.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #dampak #shin #yong #melatih #timnas #indonesia #terasa #korsel #bukti #pelatih #muda #mulai #terinspirasi

KOMENTAR