Video Detik-detik VAR Akhirnya Digunakan di BRI Liga 1, Persib Bandung Malah Ketiban Sial
Sejarah tercipta di sepak bola Indonesia setelah Video Assistant Referee (VAR) akhirnya digunakan di BRI Liga 1 2023/2024. Momen penggunaan VAR itu terjadi saat Bali United menghadapi Persib Bandung dalam leg pertama semifinal Championship Series di Bali United Training Center, Selasa (14/5/2024) malam. [Instagram @pengamatsepakbola]
23:12
14 Mei 2024

Video Detik-detik VAR Akhirnya Digunakan di BRI Liga 1, Persib Bandung Malah Ketiban Sial

Sejarah tercipta di sepak bola Indonesia setelah Video Assistant Referee (VAR) akhirnya digunakan di BRI Liga 1 2023/2024.

Momen penggunaan VAR itu terjadi saat Bali United menghadapi Persib Bandung dalam leg pertama semifinal Championship Series di Bali United Training Center, Selasa (14/5/2024) malam.

Awalnya, Persib mendapatkan momentum menyerang saat David Da Silva merangsek hingga area penalti Bali United.

Paul Munster Isyaratkan Perubahan Besar di Kubu Persebaya, Tim-tim Raksasa Wajib Waspada di Liga 1 Musim Depan

Duel Bali United vs Persib Pindah Venue, Digelar di Pinggir Pantai

Bomber asal Brasil itu kemudian dijatuhkan gelandang Kadek Agung di kotak terlarang.

Wasit Heru Cahyono awalnya tak menganggap benturan itu sebagai pelanggaran, sampai berkomunikasi dengan wasit VAR, Aidil Azmi.

Heru akhirnya melihat tayangan ulang kejadian itu. Setelah beberapa saat melihat tayangan ulang, wasit memutuskan terjadi pelanggaran yang berbuah penalti untuk Persib.

"Wasit memutuskan penalti melalui VAR setelah David da Silva dijatuhkan di kotak penalti, namun eksekusinya malah tidak masuk," tulis unggahan akun Instagram @pengamatsepakbola.

Diberitakan sebelumnya, operator kompetisi sepak bola nasional, Liga Indonesia Baru (LIB) menguji Video Assistant Referee (VAR) menjelang laga semifinal leg pertama Championship Series BRI Liga 1 Bali United melawan Persib Bandung di Bali United Training Center, Selasa (14/5/2024).

"Kami lakukan kalibrasi, pengecekan kamera, dan tes VAR," kata Manager Media dan Komunikasi LIB Hanif Marjuni di sela pengenalan VAR kepada media di Bali United Training Center.

Canggih! Begini Wujud Mobil VAR yang akan Kawal Laga Championship Series BRI Liga 1

Laga Championship Series BRI Liga 1 Pindah dari Stadion Dipta Untungkan Persib Bandung

Peralatan VAR yang ditempatkan dalam satu unit kendaraan itu sudah tiba di Bali dan langsung diparkir di area pemusatan latihan klub dengan julukan Serdadu Tridatu itu.

Di dalam kendaraan tersebut ada enam layar monitor yang diamati oleh tiga wasit yakni wasit VAR, asisten wasit VAR dan operator selama pertandingan berlangsung.

Kemudian, lanjut dia, ada server VAR, generator listrik (genset) dengan kapasitas mencapai 10 ribu kilowatt, pengatur suhu ruangan (AC) sebanyak tiga unit, peredam suara hingga empat alat penahan guncangan.

"Para wasit itu sudah menjalani pelatihan selama enam bulan di Jakarta," imbuhnya.

Berikut ini video detik-detik VAR digunakan di BRI Liga 1 2023/2024:

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #video #detik #detik #akhirnya #digunakan #liga #persib #bandung #malah #ketiban #sial

KOMENTAR