Dramatis! 2 Gol Joselu di Akhir Laga Batalkan Kemenangan Bayern Munich, Antar Real Madrid ke Final Liga Champions
Penyerang Real Madrid Joselu merayakan gol bersama rekan satu timnya selama pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions UEFA antara Real Madrid CF dan FC Bayern Munich di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 8 Mei 2024. Thomas COEX / AFP
04:06
9 Mei 2024

Dramatis! 2 Gol Joselu di Akhir Laga Batalkan Kemenangan Bayern Munich, Antar Real Madrid ke Final Liga Champions

Real Madrid berhasil melaju ke final Liga Champions musim ini usai mengalahkan Bayern Munich 2-1 di leg kedua semifinal yang digelar di Santiago Bernabeu, Kamis (9/5/2024).

Di laga ini Bayern yang unggul lebih dulu harus menerima kenyataan pahit setelah dua gol Joselu di menit 88 dan 90+1 memaksa Die Roten tersingkir di fase ini.

Dengan demikian, Madrid unggul agregat 4-3 dan akan menantang Borussia Dortmund di partai final Liga Champions musim ini.

Reaksi kiper Bayern Munich Manuel Neuer saat pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions UEFA antara Real Madrid CF dan FC Bayern Munich di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 8 Mei 2024.OSCAR DEL POZO / AFPReaksi kiper Bayern Munich Manuel Neuer saat pertandingan sepak bola leg kedua semifinal Liga Champions UEFA antara Real Madrid CF dan FC Bayern Munich di stadion Santiago Bernabeu di Madrid pada 8 Mei 2024.OSCAR DEL POZO / AFP

Jalannya Pertandingan

Jual beli serangan mewarnai jalannya pertandingan sejak peluit kick-off dimulai. Bermain dengan tempo tinggi, baik Real Madrid maupun Bayern Munich sama-sama menebar ancaman.

Memasuki menit ke-13 peluang terbaik pertama didapat Real Madrid. Tapi sayang, bola yang dilepaskan Vinicius Junior dari dalam kotak penalti masih dimentahkan tiang gawang.

Ancaman tidak berhenti disitu. Bola liar langsung disambar Rodrygo Goes, tapi kali ini dipatahkan Manuel Neuer.

Sementara Bayern mendapatkan peluang terbaik pertamanya di menit ke-30 lewat tendangan keras Harry Kane dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Madrid, bola masih mampu ditepis Andriy Lunin. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Madrid berulang kali menebar ancaman. Mendominasi lini tengah, setiap kali upaya pemain Bayern untuk keluar dari tekanan berhasil dipatahkan.

Lewat skema tendangan bebas di menit 58, Rodrygo nyaris mengubah kedudukan jika saja bola tidak ditepis Neuer.

Satu menit berselang, aksi gemilang Neuer kembali menyelamatkan Bayern dari kebobolan. Kali ini peluang Vinicius yang dipatahkan.

Perlahan tapi pasti Bayern berhasil keluar dari tekanan. Serangan cepat yang dibangun dari sisi kiri lapangan pun membuahkan hasil. Alphonso Davies melepaskan tendangan yang bersarang di sisi kiri gawang Lunin. Bayern unggul 0-1 di menit 68.

Dua menit berselang, Madrid berhasil membalas. Namun gol tersebut dianulir wasit setelah melihat VAR. Nacho lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap kimmich sebelum bola digulirkan Luka Modric dari penjuru lapangan.

Madrid berusaha keras mencetak gol penyeimbang. Namun upaya tersebut masih menemui kebuntuan.

Sementara Bayern juga tidak tinggal diam. Lewat skema serangan balik mereka berhasil membuat tim tuan rumah kewalahan.

Di menit 88 papan skor akhirnya berubah. Blunder yang dilakukan Neuer saat tidak sempurna menangkap bola hasil tendangan Vinicius, langsung disambar Joselu. Skor berubah 1-1.

Dua menit berselang, Madrid berbalik memimpin. Menyambut umpan Rudiger, Joselu yang tidak terkawal kembali menjebol gawang Neuer.

Gol tersebut sempat memicu perdebatan, namun setelah dilakukan pengecekan, gol disahkan wasit. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Real Madrid: Andriy Lunin; Dani Carvajal, Antonio Ruediger, Nacho, Ferland Mendy; Federico valverde, Aurelien Tchouameni, Toni Kroos; Jude Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Bayern Munich: Manuel Neuer; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Eric Dier, Joshua Kimmich; Alexander Pavlovic, Konrad Laimer; Serge Gnabry, Jamal Musiala, Leroy Sane; Harry Kane.

Pelatih: Thomas Tuchel.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #dramatis #joselu #akhir #laga #batalkan #kemenangan #bayern #munich #antar #real #madrid #final #liga #champions

KOMENTAR