Hasil Piala Asia U-23 2024: Menyerah Lawan Irak, Timnas Indonesia U-23 Harus Ikut Play-off untuk Lolos Olimpiade
Suasana pertandingan Timnas Indonesia U-23 kontra Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (3/5/2024) dini hari WIB. [Karim JAAFAR / AFP]
05:24
3 Mei 2024

Hasil Piala Asia U-23 2024: Menyerah Lawan Irak, Timnas Indonesia U-23 Harus Ikut Play-off untuk Lolos Olimpiade

Timnas Indonesia U-23 menyerah dari Timnas Irak U-23 dalam laga perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, yang rampung Jumat (3/5/2024) dini hari WIB. Setelah melalui babak extra time dalam laga 120 menit, Garuda Muda kalah 1-2.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 gagal mendapatkan tiket lolos langsung ke sepak bola Olimpiade Paris 2024.

Tim Merah Putih harus melalui babak play-off melawan wakil dari Afrika, Guinea dalam pertandingan di Paris, Prancis pada 9 Mei mendatang.

Jalannya Pertandingan

Berhadapan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Irak yang langsung menekan di awal laga mendapat dua peluang di menit kelima dan enam. Beruntung bagi Indonesia sepakan Ahmed Maknazi dan Mohammed Muntadher masih melebar dari gawang Ernando.

Timnas Indonesia langsung bereaksi. Mendapat ruang tembak, Marselino melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti di menit ke-8. Sayang bola masih melayang di atas mistar.

Bermain dengan umpan-umpan pendek, Timnas Indonesia beberapa kali mencoba menerobos pertahanan Irak.

Upaya pasukan Shin Tae-yong tersebut akhirnya membuahkan hasil di menit 19. Mendapat bola liar di luar kotak, Ivar Jenner melepaskan tendangan keras yang bersarang di sisi kanan bawah gawang Hussein Hasan. Garuda Muda memimpin 1-0.

Namun keunggulan Timnas Indonesia tidak berlangsung lama. Delapan menit berselang Irak berhasil menyeimbangkan papan skor.

Berawal dari kemelut yang terjadi saat sepak pojok dilepaskan Muntadher, Zaid Tahseen yang berdiri di tengah-tengah kerumunan berhasil menanduk bola ke dalam gawang Ernando. Skor 1-1.

Jual beli serangan semakin intens di sisa waktu babak pertama. Ancaman ditebar kedua tim namun tak ada tambahan gol hingga turun minum.

Bola bergulir di babak kedua, tekanan langsung dilancarkan Timnas Indonesia. Lewat sisi kiri lapangan, berulang kali serangan dibangun, namun belum juga membuahkan hasil.

Indonesia baru mendapat peluang terbaiknya di babak kedua ini di menit 69, namun sayang tendangan keras Jeam Kelly masih melayang di atas mistar gawang.

Serangan balik yang dilancarkan Irak nyaris membalikkan keadaan. Menggiring bola dari tengah lapangan, Nihad Mohammed melepaskan tendangan kaki kiri ke gawang Indonesia yang tidak terkawal.

Ernando Ari mencoba mengejar namun gagal. Beruntung ada Nathan Tjoe-A-On yang membuang bola di depan gawang.

Perubahan dilakukan pelatih Shin Tae-yong di menit 80. Jeam Kelly dan Rio Fahmi ditarik keluar. Mereka digantikan Komang Teguh dan Fajar Fathurahman.

Di 10 menit terakhir babak kedua, intensitas serangan Irak meningkat. Kesalahan-kesalahan dibuat pemain Indonesia sehingga masih kesulitan keluar dari tekanan.

Di menit 87, tandukkan Nihad nyaris mengubah kedudukan. Beruntung bagi Garuda Muda, bola berhasil dibendung Ernando.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan Ernando. Serangan balik yang dilancarkan Irak di menit 90+1 berhasil ia patahkan.

Skor 1-1 bertahan hingga berakhirnya waktu normal dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Di babak extra time alias perpanjangan waktu, pada menit ke-95, Timnas Indonesia U-23 akhirnya kebobolan.

Bintang Irak, Jasim Ali mencetak gol dengan sangat baik setelah menerima umpan lambung Muntadher Mohammed Maslookhi. Skor 2-1 buat keunggulan Irak.

Ketinggalan 1-2 membuat Garuda Muda kini lebih berani menekan. Kini, Justin Hubner Cs tampil lebih berani memainkan bola demi bisa menyamakan kedudukan.

Akan tetapi, sulit bagi Timnas Indonesia karena kini Irak merapatkan barisan pertahanannya. Babak pertama perpanjangan waktu pun selesai.

Di paruh kedua, meski Garuda Muda terus mencoba, kelihatan sekali Rafael Struick Cs sudah kelelahan yang membuat aliran bola berjalan tidak bisa cepat.

Pada akhirnya, tidak ada gol lagi yang tercipta sampai babak perpanjangan waktu rampung. Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 melawan Irak.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 XI (3-4-2-1): Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On; Ilham Rio Fahmi, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Jeam Kelly Sroyer, Witan Sulaeman; Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Timnas Irak U-23 XI (4-3-3): Hussein Hasan; Josef Baiz, Ahmed Hasan, Zaid Tahseen, Mustafa Saadoon; Munthader Mohammed, Ali Jasim, Karrar Mohammed; Blin Azad; Nihad Mohammed, Ridha Fadhil.

Pelatih: Radhi Swadi (Irak)

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #hasil #piala #asia #2024 #menyerah #lawan #irak #timnas #indonesia #harus #ikut #play #untuk #lolos #olimpiade

KOMENTAR