Media Vietnam Ikut Antusias Timnas Indonesia U-23 Bisa Langsung Lolos Olimpiade, Segrup dengan 3 Negara Ini
Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024 di Qatar. [K JAAFAR / AFP]
20:18
1 Mei 2024

Media Vietnam Ikut Antusias Timnas Indonesia U-23 Bisa Langsung Lolos Olimpiade, Segrup dengan 3 Negara Ini

Peluang Timnas Indonesia U-23 yang cukup besar untuk bisa lolos ke sepak bola Olimpiade Paris 2024 turut menyita perhatian media Vietnam. Skuad Garuda Muda selangkah lagi bisa lolos ke multievent akbar tersebut.

Meski sudah tersingkir di semifinal Piala Asia  U-23 2024 usai ditekuk Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia U-23 masih bisa menyegel tiket Olimpiade 2024 andai mampu mengalahkan Irak di partai perebutan juara ketiga.

Laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak di Piala Asia U-23 2024 ini akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis (1/5/2024) malam pukul 22:30 WIB.

Sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara yang punya peluang untuk menjadi juara ketiga sekaligus main di Olimpiade 2024, Timnas Indonesia U-23 mendapat sorotan dari media asing. Tak terkecuali media asal Vietnam, Soha.

"Jika menang atas Irak U-23 pada perebutan tempat ketiga turnamen Asia, Timnas Indonesia U-23 resmi berhak mengikuti Olimpiade sebagai tim peringkat tiga Asia," tulis Soha dalam artikelnya yang dirilis Rabu (1/5/2024).

Ternyata yang membuat media Vietnam begitu heboh jika Timnas Indonesia U-23 menang lawan Irak adalah soal lawan yang akan dihadapi pasukan Shin Tae-yong.

"Timnas Indonesia akan ditempatkan di Grup B sepak bola putra Olimpiade 2024 untuk menghadapi tiga tim yang sangat kuat," tulis Soha.

"Kekuatannya antara lain Argentina, Maroko, dan Ukraina."

"Tim Olimpiade Argentina kemungkinan akan dipimpin oleh gelandang Chelsea Enzo Fernandez. Sementara itu, Maroko memiliki faktor yang sangat menonjol pada pemain Real Betis Abde Ezzalzouli, sedangkan bintang top Ukraina adalah pemain sayap Chelsea Mykhaylo Mudryk."

Namun jika Timnas Indonesia U-23 ternyata kalah melawan Irak, skuad Garuda Muda masih tetap punya peluang lolos ke Olimpiade 2024.

Jika skenario itu terjadi, pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi wakil Afrika, Guinea pada laga play-off antarkonfederasi pada 9 Mei nanti di Paris, Prancis. 

Jika mampu mengalahkan Guinea, Timnas Indonesia U-23 akan masuk Grup A Olimpiade. Bukan termasuk situasi yang mudah bagi Timnas Indonesia U-23 karena akan menghadapi tuan rumah Prancis.

"Jika menang melawan Guinea di babak play-off, Indonesia U-23 akan masuk Grup A Olimpiade Paris bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru," tulis Soha.

Dua kemungkinan ini, entah itu masuk Grup A bersama Prancis ataupun Grup B bersama Argentina, tentunya dua-duanya tetap menjadi kebanggaan tersendiri bagi Timnas Indonesia.

Soha memuji habis Timnas Indonesia U-23 karena jika berhasil menang lawan Irak ataupun Guinea, maka tim Merah Putih akan jadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara di sepak bola Olimpiade 2024.

Bahkan, Timnas Indonesia bakal jadi tim pertama dari Asia Tenggara yang ikut serta di Olimpiade setelah lebih dari setengah abad lamanya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #media #vietnam #ikut #antusias #timnas #indonesia #bisa #langsung #lolos #olimpiade #segrup #dengan #negara

KOMENTAR