Lolos Babak Kualifikasi PON Zone C, Atlet Barongsai Singkawang Siap Ikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024
Pengurus FOBI Kalbar melakukan pengecekan persiapan atlet Cabor Barongsai yang akan mengikuti PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 (sumber: Pontianak Post)
21:21
28 April 2024

Lolos Babak Kualifikasi PON Zone C, Atlet Barongsai Singkawang Siap Ikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024

- Kalimantan Barat baru saja meloloskan atlet untuk dua kategori, yakni Barongsai Tradisional dan Pekinsai dari Sasana Asoka Singkawang.   Sebelumnya sebanyak 13 orang lolos dalam Babak Kualifikasi PON Zona C yang telah diikuti oleh sebelas provinsi. Dimana mereka berhasil menjadi juara setelah mewakili daerah Kalimantan Barat.   Sebagai salah satu langkah persiapan untuk mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024, pengurus FOBI Kalbar melakukan sejumlah pengecekan terhadap persiapan atlet Cabor Barongsai.  

  "Terus asah keterampilan kalian. Buat yang terbaik untuk Kalbar. Anda masih muda-muda. Teruslah berlatih," ujar Rico saat di Aula Sekolah Asoka Singkawang seperti dikutip dari Pontianak Post, Minggu (28/4).   Atlet Barongsai yang pertama kali akan diperlombakan pada PON XXI September mendatang ini diharapkan bisa membawa pulang medali emas.   Apalagi, menurut Rico, peluang atlet Kalbar untuk mendapatkan emas cukup terbuka lebar karena mereka sudah berlatih dengan sangat giat.  

  Ia juga mengharapkan adanya dukungan dari Pemprov Kalbar dan Pemkot Singkawang untuk kemajuan atlet-atlet Barongsai tersebut.   Ketua FOBI Singkawang Jimmy mengatakan bahwa para atlet Barongsai tersebut terus melakukan latihan secara intensif. Di mana Barongsai latihan pada sore hari, kemudian dilanjutkan dengan pekinsai padahal malam hari.   "Atlet kita cukup semangat untuk berlatih. Mudahan kerja keras mereka tidak sia-sia, bisa meraih medali emas," kata Jimmy.  

  Dari lima medali yang akan diperebutkan dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024, terdapat salah satu yang akan dibawa ke Kalbar. Sehingga mereka dapat memberikan sejarah bagi Kota Singkawang.   Ketua KONI Singkawang Bambang Setiadi juga turut mengapresiasi atlet barongsai dan pekinsa di Kota Singkawang yang siap tampil dalam PON XXI. Setidaknya, ada sekitar 22 atlet di wilayah tersebut yang akan berlaga di pekan olahraga nasional.   "Mudahan tahun ini atlet Barongsai bisa memberikan mendali emas kedua dari kota ini," ujarnya.  

  Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra mengungkapkan bahwa kesempatan tersebut merupakan langkah yang baik dalam meraih prestasi.   Dia juga optimistis atlet-atlet Barongsai Kota Singkawang mampu meraih emas. Bahkan pihaknya mengaku siap memberikan alokasi dana melalui APBD sebagai bentuk dukungan terhadap para atlet.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #lolos #babak #kualifikasi #zone #atlet #barongsai #singkawang #siap #ikuti #aceh #sumut #2024

KOMENTAR