Dua Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 Apabila Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Komang Teguh (Tengah) Usai Mencetak Gol Bagi Timnas Indonesia U-23. (pssi.org)
12:36
20 April 2024

Dua Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 Apabila Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Sejumlah negara berpeluang menjadi calon lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia U-23 apabila berhasil merebut tiket dari Grup A untuk melaju ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 memang punya peluang untuk merebut tiket ke babak berikutnya setelah berhasil menumbangkan Australia U-23 dengan skor 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024).

Skuad Garuda Muda hanya membutuhkan hasil imbang saja saat melawan Yordania pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 untuk lolos. Pasalnya, posisi puncak klasemen Grup A sudah dipastikan menjadi milik Qatar.

Jika melihat pembagian bagan di fase gugur, Qatar yang dipastikan jadi juara Grup A akan menghadapi runner-up Grup B pada babak perempat final, sedangkan Indonesia melawan juara Grup B.

Melihat potensi yang ada, setidaknya ada dua peserta yang paling berpeluang untuk mengamankan dua tiket dari Grup B, baik itu juara grup maupun runner-up. Keduanya adalah Korea Selatan dan Jepang.

Kedua tim ini sama-sama berhasil mengamankan kemenangan pertamanya. Jepang sukses unggul tipis 1-0 atas China, sedangkan Korea Selatan menumbangkan Uni Emirat Arab pada laga Grup B.

Hanya saja, Korea Selatan lebih berhak menempati peringkat pertama karena mereka unggul dalam aspek disciplinary points alias poin disiplin. Pasalnya, Korea Selatan hanya mendapat satu kartu kuning, sedangkan Jepang tiga.

Meskipun demikian, posisi ini masih belum bisa dipastikan. Sebab, masih ada dua pertandingan yang akan dihadapi Jepang dan Korea Selatan. Jepang akan berjumpa UEA, sedangkan Korea Selatan menghadapi China.

Adapun pada laga pamungkas Grup B, keduanya akan saling berhadap-hadapan. Momen inilah yang diyakini bakal menentukan nasib kedua tim pada klasemen akhir. Duel ini menurut jadwal bakal berlangsung pada Senin (22/4/2024).

Dengan hasil pertandingan ini, dapat dipastikan bahwa skuad Garuda Muda paling berpeluang menghadapi salah satu dari kedua peserta tersebut. Tentu ini akan menjadi ujian yang sulit karena mereka adalah tim kuat di Asia.

Jepang, misalnya, sudah pernah meraih gelar juara di Piala Asia U-23 pada edisi 2016. Sementara itu, Korea Selatan mendapatkan trofi ketika berhasil menjuarai ajang ini pada edisi 2020.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #calon #lawan #timnas #indonesia #apabila #lolos #perempat #final #piala #asia #2024

KOMENTAR