Di Ujung Tanduk, Menilik Peluang Sederet Tim Papan Bawah BRI Liga 1 Lepas dari Jerat Degradasi
Logo BRI Liga 1. (ligaindonesiabaru.com)
06:06
20 April 2024

Di Ujung Tanduk, Menilik Peluang Sederet Tim Papan Bawah BRI Liga 1 Lepas dari Jerat Degradasi

Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024 semakin ketat dengan hanya tiga pekan tersisa. Tak hanya di papan atas untuk zona Championship Series, persaingan di papan bawah juga panas.

Persikabo 1973 sudah dipastikan turun kasta, dan Persebaya Surabaya juga belum aman dari ancaman degradasi meskipun saat ini berada di posisi ke-12 klasemen sementara dengan 39 poin.

Lima tim di bawah Persebaya yakni PSS Sleman, RANS Nusantara FC, Persita Tangerang, Arema FC, hingga Bhayangkara FC harus bersaing keras untuk bertahan di liga kasta tertinggi Indonesia musim depan.

Arema FC di posisi ke-16 menjadi acuan bagi tim-tim di zona aman karena berada di posisi teratas zona degradasi.

Meski ada lima tim, kita akan fokus pada peluang tiga tim saja untuk melepaskan diri dari jerat degradasi.

Siapakah dari ketiganya yang akan berhasil?

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC telah mengalami kesulitan sepanjang musim ini, namun teranyar, tim milik Kepolisian ini berhasil meraih kemenangan fenomenal 7-0 melawan Persik Kediri pada pekan ke-31 Liga 1 2023/2024.

Namun dengan 23 poin saat ini, peluang Bhayangkara FC untuk keluar dari zona degradasi sangat kecil.

Dengan tiga pekan tersisa di musim reguler Liga 1 2023/2024, Bhayangkara FC masih terpaut sembilan poin dari zona aman, yang ditempati Persita Tangerang di peringkat 15.

Untuk mempertahankan posisi, mereka harus memenangkan tiga pertandingan tersisa melawan Bali United, Barito Putera, dan Persis Solo, sambil berharap Persita kalah di tiga pertandingan terakhir.

Jika Bhayangkara gagal meraih kemenangan di pekan ke-32, mereka akan dipastikan turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Arema FC

Arema FC, yang mengoleksi 31 poin di peringkat 16 zona merah, dalam situasi sulit untuk lolos dari degradasi, dan sangat bergantung pada hasil tim-tim di atasnya.

Dengan maksimal 40 poin, mereka harus memenangkan tiga pertandingan terakhir melawan tim-tim kuat seperti Borneo FC, Madura United, dan PSM Makassar.

Namun, kemenangan tersebut belum menjamin keselamatan Arema FC, karena mereka juga bergantung pada hasil dari tiga tim lain di atasnya yaitu PSS Sleman, RANS Nusantara FC dan Persita Tangerang, yang tidak boleh memiliki lebih dari 40 poin.

PSS Sleman

PSS Sleman saat ini ada di posisi ke-13 klasemendengan 35 poin, memiliki peluang yang cukup baik untuk bertahan.

Untuk bertahan, PSS perlu menambah lima poin lagi dari sembilan poin yang bisa didapat, atau meraih satu kemenangan dan dua seri di tiga laga terakhir.

Dengan begitu, tim berjuluk Super Elang Jawa ini akan menyamai poin maksimal Arema FC, tapi PSS akan berada di atas Arema FC karena mereka memang unggul head to head.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #ujung #tanduk #menilik #peluang #sederet #papan #bawah #liga #lepas #dari #jerat #degradasi

KOMENTAR