Bek Senior Timnas Indonesia Turun Tangan Bela Junior, Kecam Wasit yang 'Bantu' Qatar U-23
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Maraselino Ferdinan mendapat pengawalan ketat dari pemain Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. PSSI]
06:24
16 April 2024

Bek Senior Timnas Indonesia Turun Tangan Bela Junior, Kecam Wasit yang 'Bantu' Qatar U-23

Bek Timnas Indonesia level senior, Shayne Pattynama ikut beraksi usai Timnas Indonesia U-23 kalah dari Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024) malam WIB.

Bek KAS Eupen itu menilai kekalahan 0-2 Timnas Indonesia U-23 dari tuan rumah di Stadion Jassim bin Hamad, Doha banyak dipengaruhi oleh keputusan kontroversial wasit.

"Indonesia against referee (Indonesia melawan wasit)," tulis Shayne Pattynama via Instagram Stories lengkap dengan emotikon badut dan ekspresi keheranan, dikutip pada Selasa (16/4/2024).

Qatar U-23 mencetak dua gol ke gawang Timnas Indonesia U-23 melalui Khaled Ali Sabah (45+1’) dan Ahmed Al Rawi (54’).

Gol pertama tuan rumah lahir lewat keputusan kontroversialw wasit Nasrullo Kabirov. Dia memberikan hadiah penalti kepada Qatar meski dalam tayangan ulang, terdapat celah untuk memperdebatkan pelanggaran yang dilakukan Rizky Ridho.

Ridho yang fokus menghalau bola, berlari mundur ke kotak penalti. Dia pun terlibat kontak dengan striker Qatar yang kemudian memilih jatuh. Aksi pemain Qatar dinilai berbau diving atau pura-pura.

Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. tangkapan layar]Wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 dalam matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Senin (15/4/2024) malam WIB. [Dok. tangkapan layar]

Selain itu, saat Timnas Indonesia U-23 mencoba bangkit di babak kedua. Wasit langsung 'mematikan' semangat Garuda Muda dengan memberikan Ivar Jenner kartu kuning kedua.

Dalam tayangan ulang, gelandang FC Utrecht itu bahkan tidak melakukan pelanggaran. Dia melompat dalam situasi perebutan bola dengan bek Qatar Saifeldeen Fadlalla.

Namun, reaksi berlebihan Fadlalla yang sejatinya hampir tidak terlibat kontak dengan Jenner, membuat wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk gelandang Timnas Indonesia U-23 itu.

Kekalahan ini membuat Timnas Indonesia U-23 untuk sementara terbenam di dasar klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024 dengan nol poin.

Pada matchday kedua, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sudah ditunggu Australia U-23 pada 18 April mendatang.

Dua kartu merah yang diterima Indonesia, termasuk yang didapatkan Ramadhan Sananta di akhir laga, menjadi kerugian bagi tim asuhan Shin Tae-yong. Kedua pemain tidak bisa tampil di laga selanjutnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #senior #timnas #indonesia #turun #tangan #bela #junior #kecam #wasit #yang #bantu #qatar

KOMENTAR