Rival Megawati Hangestri di ASEAN Goes to Liga Voli Turki, Kapan Megatron Nyusul?
Megawati Hangestri Pertiwi (kiri) dan Tran Thi Thanh Thuy alias 4T (kanan) merupakan spiker yang bakal adu smash pada pertandingan final AVC Challenge Cup 2023 di GOR Tri Dharma, Gresik, Jawa Timur, Minggu (25/6/2023). 
13:10
13 April 2024

Rival Megawati Hangestri di ASEAN Goes to Liga Voli Turki, Kapan Megatron Nyusul?

- Kabar mengejutkan datang dari rival Megawati Hangestri di Asia Tenggara (ASEAN), Tran Thi Thanh Thuy. Outside hitter asal Vietnam yang akrab dengan julukan 4T itu dilaporkan done deal bergabung di salah satu klub Liga Voli Turki 2024/2025.

Megawati Hangestri dan Tran Thi Thanh Thuy dalam tiga hingga empat tahun terakhir menjadi individu paling menonjol di bola voli putri ASEAN.

Memiliki tugas yang sama sebagai lini serang masing-masing timnas, baik Megawati Hangestri maupun Tran Thi Thanh Thuy, dipercaya sebagai 'tukang gebuk' terbaik saat ini di Asia Tenggara.

Hal itu bisa dilihat dari rekam jejak keduanya dalam abroad alias berkarier di luar negeri.

Megawati Hangestri Pertiwi, opposite Timnas voli putri Indonesia yang resmi bergabung ke tim Liga Korea Selatan, Daejeon Korea Ginseng Corp untuk musim 2023/2024. Megawati Hangestri Pertiwi, opposite Timnas voli putri Indonesia yang resmi bergabung ke tim Liga Korea Selatan, Daejeon Korea Ginseng Corp untuk musim 2023/2024. (Instagram @megawatihangestrip)

Megawati misalnya. Pevoli asal Jember, Jawa Timur ini mengawali karier abroadnya pada musim 2020/2021.

Dia mengawali debut abroadnya dengan memperkuat tim Liga Voli Putri Thailand, Supreme Chonburi.

Di musim berikutnya, pevoli berjuluk Megatron ini melanjutkan petulangannya dengan pergi ke Vietnam. Dia memperkuat Ha Phu Thanh Hoa.

Dan terbaru, di musim 2023/2024, pemilik nama lengkap Megawati Hangestri Pertiwi mengukir kisah sensasional dengan bergabung di tim Liga Voli Putri Korea, Daejeon JungKwanJang Red Sparks.

Tak hanya menjadi penyumbang poin terbanyak bagi Red Sparks (736), Mega juga menjadi protagonis utama dalam mengakhiri 7 tahun penantian klub kota Daejeon ini menembus babak play-off.

Lantas bagaimana dengan Tran Thi Thanh Thuy?.

Dirangkum dari Volleybox, OH pemilik tinggi 193 sentimeter ini kali pertama abroad dengan membela Bangkok Glass (Thailand), dilanjutkan Attack Line (Taiwan), Denso Airybees (Jepang), dan terbaru PFU Blue Cats (Jepang).

Akan tetapi baru-baru ini media Vietnam mengabarkan sang pevoli akan berkarier di Eropa.

Dalam laporan Dantri, 4T akan berlabuh ke tim Liga Sultan, atau Liga Voli Turki 2024/2025, bernama Kuzeyboru Volleyball. Warta tersebut disampaikan oleh Binh Dien selaku unit yang berwenang soal transfer Tran Thi Thanh Thuy.

"Penandatanganan kontrak Thanh Thuy dengan klub Turki sedang berlangsung. Kami sepenuhnya mendukung Thanh Thuy pergi ke luar negeri untuk mengembangkan karirnya tanpa kendala apa pun," kata Nguyen Van Dong, sekretaris jenderal dari Binh Dien.

Bagi 4T, berkarier di Eropa memang menjadi hal pertama baginya. Namun untuk pevoli putri Asia Tenggara, beberapa nama beken dari Thailand lebih dulu melakukannya.

Ajcharaporn Kongyot, Guedpard Pornpun hingga Catchu Moksri, lebih dulu berkarier di Liga Voli Turki.

Kini menjadi pertanyaan, apakah Megawati Hangestri akan menyusul Tran Thi Thanh Thuy ke Liga Voli Putri Turki. Mengingat beberapa waktu lalu Megatron sempat diisukan untuk berlabuh ke salah satu tim kuat Liga Sultan, Fenerbahce.

Untuk saat ini, Megawati fokus ke Jakarta BIN untuk mengarungi Proliga 2024 yang mula menggulirkan kompetisi 25 April mendatang.

(Tribunnews.com/Giri)

Editor: Siti Nurjannah Wulandari

Tag:  #rival #megawati #hangestri #asean #goes #liga #voli #turki #kapan #megatron #nyusul

KOMENTAR