Profil Muhammad Tahir, Sebut Naturalisasi Timnas Indonesia Kualitasnya 11 12 dengan Pemain Lokal
Muhammad Tahir vs pemain keturunan Timnas Indonesia. (Dok. PSBS dan PSSI)
13:00
2 April 2024

Profil Muhammad Tahir, Sebut Naturalisasi Timnas Indonesia Kualitasnya 11 12 dengan Pemain Lokal

Gelandang PSBS Biak, Muhammad Tahir, belakangan ini menjadi perbincangan publik karena menyebut bahwa pemain naturalisasi Timnas Indonesia kualitasnya 11 12 dengan pemain lokal.

Bahkan, karena menilai kualitasnya tak jauh berbeda itu, Muhammad Tahir merasa optimistis jika para pemain lokal bisa memenangkan pertandingan jika diadu dengan amunisi naturalisasi Timnas Indonesia.

Pernyataan ini diungkapkan Muhammad Tahir sebagai bentuk kegelisahannya dengan kebijakan PSSI yang menaturalisasi banyak pemain. Kondisi ini membuat pemain-pemain lokal yang berkarier di Liga 1 tak punya kesempatan membela skuad Garuda.

“Sekarang terlalu banyak naturalisasi (di skuad Timnas Indonesia). Kasihan kita mengadakan kompetisi di dalam negeri, gunanya buat apa?” kata Muhammad Tahir, dikutip dari channel YouTube Akmal Marhali, Bicara Bola.

Secara khusus, pemain berusia 30 tahun itu menegaskan bahwa kualitas pemain-pemain lokal tak jauh berbeda dengan pemain naturalisasi. Bahkan, dia yakin tim berisi pemain lokal bisa mengalahkan amunisi naturalisasi Timnas Indonesia.

“Kita cuma kalah dari mereka (pemain naturalisasi) mainnya di luar negeri, sedangkan kami di dalam negeri. Kalah itu saja. Kalau kualitas kami 11 12 dengan mereka. Coba saja PSSI kalau mau bikin, uji coba antara pemain lokal dan naturalisasi. Saya kami bisa menang,” ujarnya.

“Lambang di dada garuda, kebanggaan (alasan Tahir pemain lokal bakal memenangkan pertandingan). Siapa pemain yang tidak mau main di Timnas. Cuma tinggal nunggu waktu,” tambahnya.

Profil Muhammad Tahir

Muhammad Tahir merupakan salah satu pemain yang punya kiprah mentereng musim ini. Sebab, gelandang kelahiran Jayapura, pada 4 Januari 1994, itu baru saja meraih gelar juara Liga 2 2023/2024 bersama PSBS Biak.

Gelar yang diraih M Tahir dan kawan-kawan ini sekaligus mengantarkan PSBS Biak promosi ke BRI Liga 1 musim depan. Sebagai informasi, Tahir merupakan pemain yang lebih banyak menghabiskan kariernya di Papua.

Jauh sebelum itu, karier pemain berpostur 178 cm itu dimulai bersama SSB Tunas Muda Hamadi. Pada mulanya, dia berposisi sebagai bek tengah. Dari level itu, dia kemudian direkrut Persipura Jayapura U-21.

Namanya mulai mencuat ketika memperkuat Persipura di ajang Piala Bhayangkara 2016. Saat itu, dia bersama empat pemain asal tim U-21 sukses mendapatkan kesempatan promosi dari pelatih Osvaldo Lessa.

Sebelumnya, dia juga sempat bergabung bersama tim PON Papua pada 2015. Setelah itu, Tahir mengabdi untuk persipura Jayapura hingga akhirnya tim ini terdegradasi ke kasta kedua pada musim 2021/2022.

Setelah itu, Tahir sempat memperkuat beberapa klub Liga 1 dengan status pinjaman, mulai dari RANS Nusantara FC hingga Madura United. Mulai November 2023, dia bergabung bersama PSBS Biak dan membantu timnya promosi ke kasta tertinggi.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #muhammad #tahir #sebut #naturalisasi #timnas #indonesia #kualitasnya #dengan #pemain #lokal

KOMENTAR