Carlos Sainz Berhasil Juarai F1 GP Australia: Kemenangan Non-Red Bull Pertama Musim Ini
Carlos Sainz yang merayakan kemenangan pertamanya di Grand Prix Australia musim 2024. (Sumber Foto : Formula 1)
14:53
25 Maret 2024

Carlos Sainz Berhasil Juarai F1 GP Australia: Kemenangan Non-Red Bull Pertama Musim Ini

Carlos Sainz berhasil mengakhiri kemenangan beruntun Red Bull dalam Formula 1 musim ini di Grand Prix (GP) Australia pada balapan yang dilaksanakan hari Minggu (24/2). 

Kemenangan Sainz merupakan comeback yang luar biasa ketika pembalap itu baru saja pulih dari operasi radang usus buntu yang membuatnya melewatkan GP Arab Saudi dan digantikan oleh Oliver Bearman dua minggu lalu. 

Sainz memulai balapannya di hari Minggu dengan posisi kedua dibelakang Max Verstappen, dirinya mampu mempertahankan posisinya di belokan pertama dan kemudian mampu melewati Max di lap dua di belokan Sembilan untuk memimpin dan mengambil kendali. 

Max mengalami masalah teknis pada RB20 nya, bagian belakang mobilnya itu mengeluarkan asap, rem belakang kananya meledak dan kemudian terbakar ketika memasuki kotak pit. 

Orang Belanda itu jelas marah ketika kegagalan mekanik yang menyebabkan dirinya harus keluar balapan untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Max telah memenangkan dua balapan F1 pertama musim ini di Bahrain dan Arab Saudi dan berada dalam kemenangan beruntun Sembilan balapan. 

Dengan pembalap dunia yang keluar, Sainz sepenuhnya memegang kendali di depan lapangan. Dirinya mampu mencatatkan waktu 1:20;26,863 untuk menyelesaikan 58 putaran. 

Pembalap asal Spanyol itu berhasil mengakhiri balapanya dengan podium di posisi pertama bersama rekan satu timnya di Ferrari Charles Leclerc yang berada di posisi kedua dengan selisih 2,366 detik dan membuat kemenangan satu-dua pertama Ferrari sejak GP pembuka di tahun 2022. 

Ini adalah kemenangan ketiga dalam karir Sainz dan yang terbaru di Australia, dia menjadi satu-satunya pembalap yang mampu menghentikan kemenangan Red Bull musim lalu dengan kemenangan di Singapura dan yang pertama melakukanya tahun ini. Kemenangan pertamanya ia raih di Grand Prix Inggris pada tahun 2022. 

Sainz yang akan digantikan oleh Lewis Hamilton di Ferrari 2025 itu mengungkapkan perasaanya yang sangat senang mendapatkan kemenangan ketiganya dalam karirnya melawan rintangan. 

“Aku merasa sangat baik diluar sana, tentu saja merasa agak kaku terutama secara fisik, itu bukan yang termudah, tetapi saya beruntung bahwa saya kurang lebih sendirian sehingga bisa mengatur kecepatan saya, mengatur ban dan mengatur semuanya,” kata Sainz dikutip melalui AP News. 

“Hidup terkadang gila, kamu tahu apa yang terjadi diawal tahun, lalu podium di Bahrain, lalu lampiran, comeback kemenangan, itu roller coaster,” lanjutnya. 

Lando Norris berada di urutan ketiga dengan mencatatkan podium pertama bagi dirinya dan MCLaren, hasil luar biasa juga diraih oleh rekan setimnya dari Australia Oscar Piastri yang berada di urutan keempat, Sergio Perez dari Red Bull berada di posisi kelima. 

Sementara itu Lewis Hamilton yang menggantikan Sainz di Ferrari musim depan mengakhiri pekan yang sulit dengan kegagalan mesinnya dan berlanjut bagi Mercedes ketika rekan setimnya George Russel alami insiden di lap terakhir. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #carlos #sainz #berhasil #juarai #australia #kemenangan #bull #pertama #musim

KOMENTAR