Timnas Indonesia Diambang Putus Catatan Buruk 20 Tahun Terakhir di Kualifikasi Piala Dunia
Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan gelandang Vietnam #19 Nguyen Quang Hai pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.
16:30
21 Maret 2024

Timnas Indonesia Diambang Putus Catatan Buruk 20 Tahun Terakhir di Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia berpeluang untuk memutus catatan buruk dalam 20 tahun terakhir selama berkiprah di Kualifikasi Piala Dunia ketika menjamu Vietnam pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Skuad Garuda akan menghadapi Vietnam dalam matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan penting ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada pukul 20.30 WIB.

Merujuk statistik, Timnas Indonesia memiliki catatan buruk saat tampil di Kualifikasi Piala Dunia. Kali terakhir mereka meraih kemenangan di ajang tersebut adalah 20 tahun silam.

Ya, Timnas Indonesia terakhir mencicipi kemenangan adalah di fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jerman, tepatnya pada matchday terakhir Grup 8.

Saat itu, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Turkmenistan dengan skor 3-1 dalam pertandingan di SUGBK, Jakarta pada 17 November 2004.

Ilustrasi pertandingan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). [Suara.com]Ilustrasi pertandingan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). [Suara.com]

Seluruh gol kemenangan Timnas Indonesia kala itu dicatatkan oleh striker Ilham Jaya Kesuma yang mencatatkan hattrick spektakuler.

Setelah momen itu, Timnas Indonesia melempem. Bahkan sejak diasuh Shin Tae-yong, Timnas Indonesia juga kesulitan untuk mencicipi kemenangan.

Dalam dua matchday terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, skuad Garuda juga babak belur. Mereka takluk 1-5 dari Irak dan ditahan Filipina 1-1 pada November 2023 lalu.

Alhasil, posisi Timnas Indonesia di klasemen Grup F saat ini berada di urutan terbawah atau peringkat keempat dengan baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Situasi itu membuat laga kontra Vietnam sangat penting. Timnas Indonesia punya modal dan kesempatan besar untuk meraih kemenangan di laga ini.

Pasalnya, pada pertemuan terakhir kontra Vietnam di fase grup Piala Asia 2023 pada Januari 2024 lalu, Rafael Struick dan kawan-kawan berhasil menang 1-0 lewat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Selain itu, Timnas Indonesia mendapat tambahan beberapa pemain keturunan dalam skuadnya, sementara Vietnam diketahui masih beradaptasi dengan pola permainan pelatih anyar Philippe Troussier.

Andai meraih kemenangan atas Vietnam di SUGBK malam ini, Timnas Indonesia akan mengakhiri catatan buruk tidak pernah menang dalam Kualifikasi Piala Dunia selama 20 tahun terakhir.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #diambang #putus #catatan #buruk #tahun #terakhir #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR