Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Risiko Cedera Jika Puasa Ramadan Jelang Lawan Vietnam
Cuplikan Laga Antara Timnas Indonesia vs. Vietnam di Ajang Piala Asia 2023 yang Digelar di Qatar. (pssi.org)
14:12
20 Maret 2024

Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Risiko Cedera Jika Puasa Ramadan Jelang Lawan Vietnam

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Vietnam dan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, menjadi sorotan utama media Vietnam, Soha. Kebijakan berpuasa yang dijalani sebagian besar pemain Timnas Indonesia memicu perhatian media itu

Menurut laporan Soha, masalah fisik Timnas Indonesia menjadi sorotan utama. Para pemain Indonesia yang menjalani ibadah puasa setengah hari dikhawatirkan akan mengalami kesulitan.

Sebagian besar pemain Timnas Indonesia, yang mayoritas beragama Islam, menjalani puasa penuh selama bulan Ramadan.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri mengingat pertandingan akan berlangsung pada Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Kekhawatiran tersebut disampaikan oleh Soha, seorang jurnalis Vietnam. Dia memahami bahwa pola makan yang terganggu selama bulan puasa dapat memengaruhi performa pemain.

Dalam konteks ini, Soha menyoroti pola makan yang tidak teratur selama berpuasa. Sahur dan buka puasa menjadi momen penting, di mana jumlah makanan yang dikonsumsi cenderung meningkat.

Menurutnya, konsumsi makanan yang lebih tinggi dari biasanya di malam hari menjadi upaya untuk mengisi ulang tenaga.

Namun, hal ini juga dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan performa fisik.

"Faktanya, jumlah total makanan yang dikonsumsi umat Islam selama Ramadhan seringkali lebih tinggi dari biasanya karena mereka makan banyak di malam hari. Hal ini diperlukan agar setiap orang dapat mengisi ulang tenaganya," tulis narasi Soha.

Pengalaman pemain-pemain top Eropa yang beragama Islam, seperti Nicolas Anelka, Yaya Toure, Samir Nasris, dan Hatem Ben Arfa, menjadi bukti bahwa berpuasa dapat memengaruhi performa mereka. Mereka mengaku rentan terhadap cedera dan ketidaksehatan saat berpuasa.

Dampak tersebut juga diperkirakan akan dirasakan Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Vietnam.

Pelatih Shin Tae-yong dinilai harus memperhatikan jadwal latihan dan intensitasnya agar pemain dapat beradaptasi dengan pola makanan khusus selama bulan Ramadhan.

Hasil imbang 2-2 yang didapat Indonesia dalam pertandingan melawan Burundi pada Maret 2023 juga menjadi perhatian media Vietnam.

Mereka menyimpulkan bahwa hasil tersebut mungkin dipengaruhi oleh kondisi fisik pemain yang sedang menjalani ibadah puasa.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #media #vietnam #sebut #timnas #indonesia #risiko #cedera #jika #puasa #ramadan #jelang #lawan #vietnam

KOMENTAR