3 Pemain Tertua Timnas Indonesia untuk Hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat Saat Lakoni Laga Kontra Vietnam. (pssi.org)
19:00
13 Maret 2024

3 Pemain Tertua Timnas Indonesia untuk Hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengumpulkan daftar pemain yang dipanggil untuk menghadapi Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dari nama-nama itu, ada tiga pemain yang termasuk tertua.

Menurut jadwal, pertemuan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini bakal berlangsung dalam dua pertandingan secara beruntun.

Untuk pertandingan pertama, alias matchday ketiga di Grup F, skuad Merah Putih akan terlebih dahulu menjamu Vietnam di kandangnya pada 21 Maret 2024. Baru pada matchday ketiga yang berlangsung 26 Maret 2024, duel berlangsung di markas Vietnam.

Dari 28 nama pemain yang mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong, terdapat beberapa sosok yang termasuk dalam kategori senior. Sebab, mereka menjadi pemain tertua di skuad Merah Putih.

Uniknya, deretan pemain-pemain yang masuk kategori senior ini justru didominasi oleh pemain-pemain naturalisasi. Siapa saja mereka? Berikut Suara.com menyajikan penjelasannya.

1. Jordi Amat

Bek kelahiran Spanyol, Jordi Amat, ternyata masih mempertahankan statusnya sebagai pemain paling senior di skuad Timnas Indonesia. Pasalnya, Jordi saat ini umurnya sudah menginjak 31 tahun.

Dengan fakta itu, Jordi mencatatkan namanya sebagai pemain tertua di tim Merah Putih. Pengalaman yang dimiliki pemain kelahiran 21 Maret 1992 itu bakal sangat berguna saat menghadapi Vietnam.

Sejauh ini, pemain yang berkarier bersama Johor Darul Takzim (JDT) di Liga Malaysia itu sudah mengukir 19 caps bersama Timnas Indonesia, termasuk di Piala Asia 2023.

2. Marc Klok

Selanjutnya, pemain yang masuk kategori tertua di skuad Timnas Indonesia ialah Marc Klok. Gelandang Persib Bandung itu umurnya sudah menginjak 30 tahun, sehingga jadi pemain tertua kedua.

Dibandingkan Jordi Amat, Marc Klok sudah bermain lebih dulu bersama Timnas Indonesia, yakni sejak 1 Juni 2022. Sejak saat itu, dia sudah menyumbang empat gol dari 19 pertandingan internasional.

Klok diharapkan bisa menjadi pemain yang membimbing pemain-pemain Timnas Indonesia lainnya yang lebih muda.

3. Thom Haye

Pemain dengan kategori tertua ketiga dalam daftar panggilan Timnas Indonesia kali ini ternyata mengarah pada sosok Thom Haye. Pemain asal klub Heerenveen SC itu termasuk paling senior di skuad Garuda.

Pasalnya, Thom Haye usianya sudah menginjak 29 tahun. Bisa dibilang, dia merupakan pemain tertua ketiga di skuad Merah Putih saat ini. 

Namun demikian, belum bisa dipastikan apakah Thom Haye sudah bisa bermain bersama Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #tertua #timnas #indonesia #untuk #hadapi #vietnam #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR