Media Vietnam Ledek Timnas Indonesia yang Terancam Gagal Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi
Thom Haye Saat Mengunjungi Indonesia Pada Desember 2023 Kemarin. (pssi.org)
20:36
5 Maret 2024

Media Vietnam Ledek Timnas Indonesia yang Terancam Gagal Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi

Media Vietnam, Soha, meledek Timnas Indonesia yang terancam tidak bisa diperkuat oleh tiga pemain naturalisasi saat menghadapi negara mereka pada akhir Maret mendatang.

Timnas Indonesia diketahui bakal melawan Vietnam secara back-to-back dalam Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Skuad Garuda akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 21 Maret.

Lima hari berselang, giliran Vietnam yang akan menjamu tim asuhan Shin Tae-yong. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Jelang laga ini, dinamika pemanggilan pemain terjadi di tubuh Timnas Indonesia. Hal itu termasuk perihal ketersediaan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye, serta kondisi Shayne Pattynama.

Berkas naturalisasi Thom Haye, Oratmangoen serta kiper Maarten Paes memang telah disetujui oleh DPR RI dalam rapat Paripurna hari ini, Selasa (5/3/2024).

Bek Kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. (pssi.org)Bek Kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama. (pssi.org)

Namun, ketiga pemain masih harus menunggu Keppres untuk kemudian menjalani sumpah WNI dan mengubah asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI sebelum bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Melihat waktu yang begitu mepet di mana batas pendaftaran pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang akan ditutup pada 13 Maret, media Vietnam memprediksi naturalisasi ketiganya tidak akan rampung tepat waktu.

"Timnas Indonesia tiba-tiba kesulitan mencari pemain naturalisasi sebelum pertandingan melawan Vietnam," tulis Soha dikutip pada Selasa (5/3/2024).

"Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, meski [diperkirakan] baru mendapat kewarganegaraan Indonesia pada 12 Maret, tak bisa membela [Garuda] tepat waktu karena proses perpindahan federasi dari Belanda ke Indonesia memakan waktu sekitar seminggu."

"FIFA menetapkan menutup pendaftaran pemain [untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026] pada 13 Maret."

Selain Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Timnas Indonesia diprediksi Soha juga terancam tak bisa memanggil Shayne Pattynama. Bek kiri yang baru gabung tim Belgia KAS Eupen itu tengah mengalami cedera.

Pattynama diketahui absen di laga terakhir KAS Eupen sehingga keikutsertaannya bersama Timnas Indonesia pada akhir Maret dipertanyakan.

Timnas Indonesia sendiri berencana untuk menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) mulai 17 Maret sebelum menjamu Vietnam empat hari berselang di SUGBK, Jakarta.

"Shayne Pattynama, pemain naturalisasi Indonesia lainnya, mengalami cedera sepekan lalu dan masih dalam masa pemulihan," tulis Soha.

"Ia tidak bisa tampil di laga terakhir KAS Eupen dan kemungkinan besar akan kehilangan kesempatan bermain di dua laga melawan Vietnam pada 21 Maret dan 26 Maret."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #media #vietnam #ledek #timnas #indonesia #yang #terancam #gagal #diperkuat #pemain #naturalisasi

KOMENTAR