Ikut Piala Asia, 3 Pemain Timnas Indonesia Ini Tak Kunjung 'Menyala' di Klub
Bek Irak Merchas Doski berlari dengan bola melewati gelandang Indonesia Witan Sulaeman dan Yakob Sayuri saat pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, Doha, Qatar, Senin (15/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]
23:18
29 Februari 2024

Ikut Piala Asia, 3 Pemain Timnas Indonesia Ini Tak Kunjung 'Menyala' di Klub

Timnas Indonesia bersiap kembali beraksi dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan dua laga melawan Timnas Vietnam di Grup F pada Maret mendatang.

Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 21 Maret 2024. Sementara laga kedua akan berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret 2024.

Jelang laga ini, beberapa pemain Timnas Indonesia yang turut dibawa ke Piala Asia 2023 pada Januari lalu nyatanya belum "menyala" atau menunjukkan performa impresif bersama klub masing-masing.

Berikut setidaknya tiga pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang belum menunjukkan performa terbaik jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret mendatang.

1. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (Tengah) Saat Lakoni Laga Kontra Libya pada Januari 2024. (pssi.org)Witan Sulaeman (Tengah) Saat Lakoni Laga Kontra Libya pada Januari 2024. (pssi.org)

Performa Witan Sulaeman mengalami penurunan seiring dengan kejatuhan Bhayangkara FC yang berada di posisi terbawah klasemen sementara Liga 1 2023-2024.

Witan merupakan bagian dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dia bermain empat kali tetapi selalu masuk dari bangu cadangan.

Selepas meninggalkan Qatar untuk kembali ke klub, performa Witan Sulaeman bersama Bhayangkara FC tidak impresif. Dalam enam laga bersama The Guardian, dia belum mencetak gol maupun assist.

2. Edo Febriansah

Bek RANS Nusantara FC, Edo Febriansah. [Instagram @edofebriansahh]Edo Febriansah. [Instagram @edofebriansahh]

Edo Febriansah tidak menjadi opsi utama di Timnas Indonesia. Dia kalah saing dari Pratama Arhan dan Shayne Pattynama.

Selama Piala Asia 2023, Edo bahkan tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia.

Situasi di Timnas Indonesia nyatanya berlanjut bersama Persib Bandung. Edo mulai kalah saing dengan fullback kiri Pangeran Biru lainnya setidaknya di tiga laga terakhir.

3. Dendy Sulistyawan

Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. [JAM STA ROSA / AFP]Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. [JAM STA ROSA / AFP]

Dendy Sulistyawan, yang baru-baru ini menjadi pemain reguler di Timnas Indonesia, tidak mendapatkan kesempatan bermain di bawah kendali Shin Tae-yong selama Piala Asia 2023.

Performa terkininya juga menunjukkan bahwa ia tidak layak untuk ikut serta dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pemain berusia 27 tahun tersebut baru-baru ini merasakan hattrick kekalahan bersama Bhayangkara FC dalam kompetisi Liga 1 2023-2024.

Meskipun menghuni lini depan, Dendy juga kurang produktif dengan hanya mencetak satu gol dan tiga assist dari 25 penampilannya untuk Bhayangkara FC musim ini.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #ikut #piala #asia #pemain #timnas #indonesia #kunjung #menyala #klub

KOMENTAR