Kalahkan Bintang AS Roma, Yakob Sayuri Jadi Pencetak Assist Terbaik Piala Asia 2023
Yakob Sayuri (kanan) saat berlaga di ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)
19:42
27 Februari 2024

Kalahkan Bintang AS Roma, Yakob Sayuri Jadi Pencetak Assist Terbaik Piala Asia 2023

Pemain timnas Indonesia, Yakob Sayuri memenangkan penghargaan pencetak assist terbaik di Piala Asia 2023. Ia mengalahkan nama-nama besar seperti bintang AS Roma, Sardar Azmoun hingga Akram Afif.

AFC membuat nominasi untuk pencetak assist terbaik berdasarkan voting dari penggemar. Ia bersaing dengan Ali Saleh (Uni Emirat Arab), Sardar Azmoun (Iran), Ritsu Doan (Jepang), Seol Yong-woo (Korea Selatan), dan Akram Afif (Qatar).

Meski dikepung nma-nama besar, winger PSM Makassar ini dinyatakan menang sebagai pencetak assist terbaik. Hal itu diumumkan AFC pada Selasa (27/2/2024).

"Assist terbaik di turnamen Piala Asia 2023 yang dipilih oleh fans kami," tulis AFC di media sosialnya.

Adapun Yakob Sayuri sendiri mencatatkan assist apik ketika timnas Indonesia melawan Irak di laga pertama Piala Asia 2023.

Saat itu, pemain PSM Makassar ini berhasil mengecoh pemain Irak. Bahkan ia me-nutmeg Ali Adnan.

Setelah itu, Yakob mengirimkan umpan terukur yang mampu disambar oleh Marselino Ferdinan. Alhasil aksinya menjadi sorotan AFC.

"Indonesia kembali ke Piala Asia setelah tahun 2007 dan saat kalah dari Irak, Yakob Sayuri menciptakan momen ajaib," tulis laporan di laman resmi AFC.

"Winger PSM Makassar ini mengirimkan umpan dari sisi kanan, mengolongi pemain yang menjaganya dan mengeliminasi dua bek yang ada di kotak penalti sebelum bolanya sampai ke Marselino yang memasukkan bola ke gawang lawan," pungkasnya.

Editor: Arif Budi

Tag:  #kalahkan #bintang #roma #yakob #sayuri #jadi #pencetak #assist #terbaik #piala #asia #2023

KOMENTAR