Resmi! Timnas Korea Selatan Tunjuk Pelatih Baru, Bukan Shin Tae-yong
Pelatih interim Timnas Korea Selatan, Hwang Sun-hong. [Jung Yeon-je / AFP]
18:00
27 Februari 2024

Resmi! Timnas Korea Selatan Tunjuk Pelatih Baru, Bukan Shin Tae-yong

Timnas Korea Selatan (Korsel) akhirnya resmi menunjuk pelatih baru setelah memecat Jurgen Klinsmann baru-baru ini usai gagal total di Piala Asia 2023 Qatar. Namun, Korsel menunjuk caretaker alias pelatih yang hanya akan menukangi tim berjuluk Taeguk Warriors itu untuk sementara waktu saja.

Sebelumnya, beberapa nama pelatih lokal mencuat masuk bursa pelatih baru Timnas Korea Selatan, termasuk Shin Tae-yong, pelatih mereka pada Piala Dunia 2018 lalu yang kini menangani Timnas Indonesia.

Akan tetapi, Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) pada Selasa (27/2/2024) akhirnya menunjuk sosok Hwang Sun-hong sebagai caretaker alias pelatih interim Timnas Korsel.

Hwang Sun-hong sebelumnya adalah pelatih Timnas Korea Selatan di level U-23.

Hwang Sun-hong akan memimpin Lee Kang-in dan kawan-kawan di dua laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Thailand pada Maret nanti, sebelum nanti Korea Selatan akan mengumumkan pelatih tetap yang baru.

Gelandang timnas Korea Selatan #18 Lee Kang-in melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan pertama Grup E Piala Asia 2023 antara Korea Selatan vs Bahrain di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 15 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.Winger Timnas Korea Selatan, Lee Kang-in (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]

"Pelatih Hwang Sun-hong ditunjuk sebagai pelatih sementara tim nasional sepakbola," tulis KFA di Instagram resminya, @thekfa, Selasa.

Hwang Sun-hong saat ini menjabat sebagai pelatih Timnas Korea Selatan U-23. Ia sebelumnya membawa Taeguk Warriors  U-23 meraih medali di emas Asian Games 2022.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #resmi #timnas #korea #selatan #tunjuk #pelatih #baru #bukan #shin #yong

KOMENTAR