Shin Tae-yong Bongkar Strategi Timnas Indonesia Bakal Terus Pakai Pemain Naturalisasi Dalam Jumlah Besar
Shin Tae-yong potensi membawa kekuatan pincang dalam Piala Asia U-23 2024 akibat penolakan beberapa klub BRI Liga 1 (pssi.org)
11:36
25 Pebruari 2024

Shin Tae-yong Bongkar Strategi Timnas Indonesia Bakal Terus Pakai Pemain Naturalisasi Dalam Jumlah Besar

Shin Tae-yong bongkar strategi Timnas Indonesia di masa depan bakal terus pakai pemain naturalisasi dalam jumlah besar. Menurut Shin Tae-yong itu adalah cara efektif.

Hal itu diungkapkan Shin Tae-yong dalam wawancara dengan media Korea Selatan, Best Eleven.

"Shin Tae-yong, pelatih timnas sepak bola Indonesia, mengutarakan niatnya untuk terus menggunakan pemain timnas Indonesia ras campuran dalam jumlah besar di masa depan," tulis Best Eleven.

Sehingga Shin Tae-yong pun akan langsung mencarinya di Eropa.

Shin Tae-yong mengaku tidak mudah mencampur pemain lokal dan naturalisasi.

"Ketika ditanya bahwa tampaknya tidak mudah untuk memasukkan pemain lokal dan pemain naturalisasi ras campuran, ia mengakui kesulitannya sendiri," tulis Best Eleven.

Shin Tae-yong akan menyambi menjadi pencari bakat. Dia berencana untuk berkeliling Belanda selama dua pekan demi menemukan 'harta karun' alias pemain keturunan potensial untuk skuad Garuda.

Saat ini, Shin Tae-yong masih berada di kampung halamannya, Korea Selatan. Ia sedang libur sejenak setelah memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Tidak dijelaskan kapan STY akan memulai petualangannya mencari pemain di Belanda. Namun yang jelas, pelatih 53 tahun itu tidak akan asal ambil pemain.

Shin Tae-yong menambahkan akan kesulitan menjaring pemain-pemain keturunan Indonesia di luar negeri. Pasalnya, mereka jarang mendapat menit bermain.

Timnas Indonesia era STY memang banyak mengandalkan pemain keturunan. Sederet nama sudah bahkan ditempuh lewat naturalisasi seperti Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Jay Idzes.

Terdekat, Timnas Indonesia akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam. Pertandingan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 21 Maret 2024.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #shin #yong #bongkar #strategi #timnas #indonesia #bakal #terus #pakai #pemain #naturalisasi #dalam #jumlah #besar

KOMENTAR