Profil Danilson Soares Silva, Gelandang Keturunan Indonesia-Cape Verde yang Berkarier di Liga Portugal
Gelandang keturunan Indonesia, Danilson Soares Silva. (Instagram/futboll.indonesiaa)
20:06
24 Februari 2024

Profil Danilson Soares Silva, Gelandang Keturunan Indonesia-Cape Verde yang Berkarier di Liga Portugal

Pencarian pemain-pemain keturunan Indonesia yang kini tersebar di Eropa kembali memunculkan sosok baru. Kali ini, nama yang mencuat ialah Danilson Soares Silva, gelandang keturunan yang berkarier di Liga Portugal.

Akun Instagram yang kerap mengulas kiprah para pemain keturunan di luar negeri, @Fotboll.Indonesiaa, belakangan ini memunculkan sosok Danilson Soares Silva yang mengaku memiliki darah keturunan Indonesia.

Danilson mengatakan, garis keturunan Indonesia itu diperoleh dari neneknya yang berasal dari silsilah ibunya. Dia menyebut, neneknya itu lahir di Bandung dan memutuskan pindah ke Belanda ketika berusia 14 tahun.

Sementara itu, silsilah keluarga dari ayahnya berasal dari Cape Verde. Dengan fakta semacam ini, Danilson tentu memenuhi syarat untuk menjalani proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

“Ya saya Punya darah Indonesia dari nenek saya yang lahir di Bandung orangtua dari ibu saya. Saya memiliki darah Cape Verde dari ayah saya. Nenek saya ketika berumur 14 tahun dia pindah bersama ibunya ke Belanda,” kata Danilson mengutip dari @futboll.indonesia.

Lantas, siapakah sebetulnya sosok Danilson Soares Silva? Bagaimana rekam jejaknya di dunia sepak bola sehingga dia layak untuk menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Profil Danilson Soares Silva

Apabila merujuk pada data-data yang dihimpun oleh laman Playmarkerstats.com, Danilson Soares Silva tercatat lahir di Belanda pada 6 Maret 2002. Artinya, usianya saat ini baru menginjak 21 tahun.

Saat ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu berkarier bersama klub asal Liga Portugal, SC Olhanense 1912. Klub ini memang punya sejarah yang cukup panjang di kancah sepak bola Portugal.

Namun demikian, statistik dan kontribusi yang diukir pemain dengan nama lengkap Danilson Manuel Jan Soares Silva itu bersama SC Olhanense 1912 musim ini memang tak bisa dikatakan mengesankan.

Sebab, dari total 13 pertandingan pada musim 2023/2024, dia sama sekali belum mencetak gol maupun assist, baik itu ketika bermain di kompetisi maupun turnamen-turnamen lainnya yang diikuti.

Sayangnya, klub tersebut juga memiliki nasib yang tak baik. Sebab, pada musim lalu, yakni 2022/2023, SC Olhanense 1912 harus terdegradasi ke kasta kelima karena terdampar di peringkat ke-13.

Selebihnya, tak ada banyak informasi yang dapat dihimpun dari pemain tersebut. Pasalnya, kiprah pemain-pemain yang tampil di level bawah memang sulit terlacak.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #danilson #soares #silva #gelandang #keturunan #indonesia #cape #verde #yang #berkarier #liga #portugal

KOMENTAR