AFC Bahas Laga Timnas Indonesia vs Vietnam: Bersejarah, Bentrok Perdana di Piala Asia
Pemain Vietnam berusha berebut bola di udara saat pertandingan sepak bola Semi Final Piala AFF 2022-2023 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto,]
05:18
12 Januari 2024

AFC Bahas Laga Timnas Indonesia vs Vietnam: Bersejarah, Bentrok Perdana di Piala Asia

Timnas Indonesia dan Vietnam akan memasuki babak baru dalam rivalitas kedua negara ketika mereka saling bentrok di Grup D Piala Asia 2023.

Duel skuad Garuda melawan The Golden Star Warriors itu akan menandai sejarah untuk pertama kalinya kedua negara bertemu dalam 52 tahun gelaran Piala Asia.

Saking menarik dan bersejarahnya laga ini, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara khusus mengulas potensi pertarungan dua rival Asia Tenggara tersebut dalam artikel resminya.

"Timnas Indonesia dan Vietnam adalah dua tim yang tidak perlu diperkenalkan satu sama lain. Duo ini telah berhadapan di Asia Tenggara selama bertahun-tahun," tulis AFC dikutip Suara.com pada Kamis (11/1/2024).

"[Pertemuan kedua negara] memberikan kita beberapa pertandingan paling berkesan di Piala AFF dengan yang terbaru di semifinal edisi 2022 ketika Vietnam menang agregat 2-0."

"Namun, apa yang membuat pertandingan pada 19 Januari ini menjadi lebih istimewa adalah kenyataan bahwa ini akan menjadi pertama kalinya dalam 52 tahun dua tim Asia Tenggara ini bertemu di Piala Asia AFC."

Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah menjebol gawang Libya (pssi.org)Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah menjebol gawang Libya (pssi.org)

Vietnam akan melangkah ke lapangan dengan harapan untuk memperpanjang performa apik mereka pada tahun 2019, di mana mereka mampu lolos dari fase grup.

Namun, mereka akan menghadapi tantangan mengingat kini dilatih juru taktik baru yakni Philippe Troussier yang menggantikan Park Hang-seo yang kontraknya berakhir awal tahun 2023.

Sementara itu, bagi Garuda yang dikomandoi oleh Shin Tae-yong, ini adalah momen penting karena mereka kembali tampil di panggung kontinental untuk pertama kalinya sejak 2007.

Pada edisi 17 tahun lalu, Timnas Indonesia lolos otomatis ke putaran final karena berstatus tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia dan Thailand.

AFC meyakini pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam dalam matchday kedua Grup D akan sangat penting dalam memengaruhi peluang kedua tim untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia dan Vietnam tergabung di grup yang cukup sulit. Dua lawan mereka lainnya adalah Jepang dan Irak.

Jepang merupakan tim dengan gelar terbanyak di ajang ini yakni empat gelar, sementara Irak merupakan tim juara edisi 2007.

Pertandingan sesama wakil ASEAN di Grup D ini dinilai menjadi kesempatan paling besar bagi Indonesia maupun Vietnam untuk setidaknya bisa finis sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik demi melangkah ke fase knock-out.

"Dan dengan persaingan yang ketat antar suporter, kedua belah pihak hanya mengincar kemenangan saat mereka berhadapan di pertandingan grup kedua mereka," tulis AFC.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di Grup D Piala Asia 2023 pada 19 Januari 2024. Pertandingan bakal berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #bahas #laga #timnas #indonesia #vietnam #bersejarah #bentrok #perdana #piala #asia

KOMENTAR