Media Korea Selatan Sebut Shin Tae-yong Pahlawan Timnas Indonesia, Kenapa?
Shin Tae-yong dan Nova Arianto bekerja sama di timnas Indonesia. (Instagram/@novaarianto30)
15:24
22 Pebruari 2024

Media Korea Selatan Sebut Shin Tae-yong Pahlawan Timnas Indonesia, Kenapa?

Shin Tae-yong disebut media Korea Selatan, Food Economy sebagai pahlawan Timnas Indonesia. Apa alasannya?

Juru taktik berusia 53 tahun itu telah melatih skuad Garuda sejak 2020 usai ditunjuk pada akhir 2019.

Meski belum memberikan prestasi nyata berupa trofi, banyak yang menganggap kehadiran Shin Tae-yong telah memberi dampak positif untuk Timnas Indonesia.

Teranyar, Shin Tae-yong membantu tim Merah Putih mencetak sejarah untuk pertama kalinya berhasil lolos ke fase knock-out Piala Asia 2023.

Mantan pemain Seongnam Ilhwa dan Brisbane Roar itu membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar setelah melewati 'grup neraka' berisi Jepang, Irak dan Vietnam.

Timnas Indonesia lolos ke fase knock-out lewat jalur peringkat tiga terbaik setelah meraih satu kemenangan di Grup D.

Skuad Timnas Indonesia di Ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)Skuad Timnas Indonesia di Ajang Piala Asia 2023. (pssi.org)

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Vietnam 1-0, tetapi kalah dengan skor identik 1-3 dari Jepang dan Irak.

Di babak 16 besar, skuad Garuda takluk dari Australia. Ivar Jenner dan kawan-kawan dihancurkan dengan skor telak 0-4.

Meski kalah, Shin Tae-yong tetap mendapat pujian. Pasalnya, ini adalah kali pertama Timnas Indonesia mencapai fase gugur Piala Asia.

Keberhasilan itu masih mendapat perhatian dari Media Korea Selatan, salah satunya Food Economy. Mereka menilai Shin Tae-yong sebagai pahlawan Timnas Indonesia.

"Ia baru-baru ini muncul sebagai pahlawan sepak bola Indonesia dengan meloloskan Indonesia ke 16 besar Piala Asia Qatar untuk pertama kalinya," tulis Food Economy dikutip Suara.com pada Kamis (22/2/2024).

Food Economy menyampaikan narasi itu dalam artikel yang mengumumkan kehadiran Shin Tae-yong dalam salah satu program hiburan bertajuk 'Let's Come Together 3' di Korea Selatan.

Rencananya, Shin Tae-yong akan menjadi penasihat sekaligus menyampaikan taktik untuk 'Somehow Avengers' yang akan dipimpin legenda timnas Korea Selatan, Ahn Jung Hwan.

"Pada 21 [Februari], program hiburan JTBC 'Let's Come Together 3' mengumumkan penampilan pelatih Shin Tae-yong," tulis Food Economy.

"Pelatih Shin Tae-yong, yang berpartisipasi sebagai anggota komite penasihat... juga dengan murah hati [akan] menyampaikan taktik khusus dan metode kemenangan yang memimpin tim sepak bola nasional Korea."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #media #korea #selatan #sebut #shin #yong #pahlawan #timnas #indonesia #kenapa

KOMENTAR