Jalan Panjang Naturalisasi Ragnar Oratmangoen Hingga Diprediksi Bela Timnas Indonesia Lawan Vietnam Maret Besok
Ragnar Oratmangoen. (Twitter/SCCambuurLwd)
08:42
21 Februari 2024

Jalan Panjang Naturalisasi Ragnar Oratmangoen Hingga Diprediksi Bela Timnas Indonesia Lawan Vietnam Maret Besok

Kabar terbaru mengenai proses naturalisasi pemain sepakbola Ragnar Oratmangoen semakin mencuat. Diketahui, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tengah berupaya keras untuk menyelesaikan proses tersebut sebelum pertengahan Maret 2024.

Targetnya, Ragnar akan menjadi bagian dari Timnas Indonesia dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Vietnam pada bulan Maret 2024.

Ragnar Oratmangoen, yang lahir di Oss, Belanda pada 21 Januari 1998, telah menunjukkan kesediaannya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) karena memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Tanimbar, Maluku.

Meskipun baru-baru ini bergabung dengan Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari FC Groningen, pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini telah menarik perhatian PSSI untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Selain kemampuannya sebagai sayap kiri, Ragnar juga dikenal sebagai pemain serba bisa yang mampu bermain di beberapa posisi di luar posisi asalnya.

Sebelumnya, Ragnar telah membela beberapa klub di Belanda seperti TOP Oss Youth, NEC Nijmegen Youth, FC Oss, NEC Nijmegen, SC Cambuur, dan Go Ahead Eagles sebelum bergabung dengan Fortuna Sittard.

Meskipun sebelumnya Ragnar memiliki keinginan untuk bermain untuk Timnas Belanda, namun sekarang ia tengah berpikir untuk menerima tawaran naturalisasi dari PSSI.

BACA JUGA: Profil dan Statistik Thom Haye, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Bakal Tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan karier yang menjanjikan dan kontribusinya yang sudah terbukti di FC Groningen, Ragnar Oratmangoen menjadi pemain yang patut diperhitungkan di kancah sepakbola internasional.

Perjalanan karier Ragnar Oratmangoen dimulai sejak ia bergabung dengan klub junior TOP Oss. Kemudian, ia berpindah ke NEC Nijmegen di pertengahan 2008 sebelum akhirnya debut sebagai pemain profesional dengan FC Oss.

Dari sana, ia melangkah ke klub-klub lain seperti SC Cambuur dan Go Ahead Eagles sebelum akhirnya bergabung dengan FC Groningen, tim terkemuka di Liga Belanda.

Dengan penampilannya yang menjanjikan bersama FC Groningen, Ragnar Oratmangoen telah membuktikan kemampuannya di level tertinggi sepakbola Belanda.

Meskipun baru bergabung pada 2022, ia telah menorehkan satu assist dalam 17 pertandingan bersama tim tersebut. Dengan bakatnya yang semakin berkembang, potensi Ragnar sebagai salah satu pemain terkemuka Timnas Indonesia semakin terbuka lebar.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #jalan #panjang #naturalisasi #ragnar #oratmangoen #hingga #diprediksi #bela #timnas #indonesia #lawan #vietnam #maret #besok

KOMENTAR